PENGEMBANGAN MEDIA WAYANG KARTUN ANAK MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTIONS MATERI MELISANKAN DONGENG SISWA KELAS IV SD NEGERI GIRIPURNO 2


Setyo Andarbeni, 1401416421 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA WAYANG KARTUN ANAK MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTIONS MATERI MELISANKAN DONGENG SISWA KELAS IV SD NEGERI GIRIPURNO 2. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA WAYANG KARTUN ANAK MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTIONS MATERI MELISANKAN DONGENG SISWA KELAS IV SD NEGERI GIRIPURNO 2]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA WAYANG KARTUN ANAK MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTIONS MATERI MELISANKAN DONGENG SISWA KELAS IV SD NEGERI GIRIPURNO 2) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh skor siswa kelas IV SD untuk melisankan dongeng masih di bawah KKM. Dari 40 siswa, terdapat 12 siswa yang sudah mencapai KKM dan 28 siswa belum mencapai KKM. Hal ini terjadi karena media yang tersedia di sekolah masih kurang mendukung pembelajaran melisankan dongeng. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media wayang kartun anak untuk kelas IV SD yakni, 1) menghasilkan media wayang kartun anak, 2) menguji kelayakan media wayang kartun anak, dan 3) menguji keefektifan media wayang kartun anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan delapan tahapan pelaksanaan, yaitu 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat didapatkan hasil sebagai berikut: a) media wayang kartun anak yang dikembangkan sesuai dengan 8 langkah R&D, b) hasil uji kelayakan yang dilakukan validator materi dan validator media mendapat rata-rata persentase 93,75% dengan kategori sangat layak, c) uji kelayakan oleh guru dan siswa mendapat persentase 95% dari guru kelas IV SD Negeri Giripurno 2 dan 86,04% dari siswa, dan d) uji keefektifan skala terbatas media wayang kartun anak pada siswa kelas IV SD Negeri Giripurno 2 menghasilkan rata-rata skor tes awal adalah 47,34 dan rata-rata skor tes akhir adalah 85,94. Sedangkan taraf signifikan mendapat rata-rata tes awal sebesar 0,083 dan rata-rata tes akhir sebesar 0,165 yang berarti data tersebut berdistribusi normal. Rata-rata hasil belajar keterampilan melisankan dongeng siswa kelas IV setelah menggunakan media wayang kartun anak lebih dari nilai sebelum menggunakan media wayang kartun anak dengan thitung 26,9705 dan ttabel 1,66462. Peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 90% dilihat dari selisih hasil tes awal dan tes akhir. Simpulan dari penelitian ini yaitu media wayang kartun anak layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi melisankan dongeng. Peneliti memberikan saran agar guru mengembangkan media pembelajaran bahasa Indonesia yang variatif agar pemahaman dan keterampilan berbahasa siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: wayang kartun anak, direct instructions, melisankan dongeng
Subjects: L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 16 Dec 2020 02:17
Last Modified: 16 Dec 2020 02:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42078

Actions (login required)

View Item View Item