ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MENGGUNAKAN THREE TIER MULTIPLE CHOICE TEST PADA PEMBELAJARAN LAJU REAKSI DENGAN PENDEKATAN STEM BERBANTUAN LKPD-E


KUNI NURUL KHASANAH, 4301416035 (2020) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MENGGUNAKAN THREE TIER MULTIPLE CHOICE TEST PADA PEMBELAJARAN LAJU REAKSI DENGAN PENDEKATAN STEM BERBANTUAN LKPD-E. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 4301416035.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 diterapkan di Indonesia untuk menyiapkan peserta didik menghadapi perkembangan di abad 21 ini. Peserta didik harus memiliki pemahaman konsep secara keseluruhan untuk memiliki keterampilan abad 21. Mencermati kondisi tersebut, maka pemilihan strategi pembelajaran sangat penting diperhatikan untuk mengasah keterampilan abad 21 dan pemahaman konsep peserta didik. Kurikulum 2013 dapat diterapkan menggunakan pendekatan STEM dan berbantuan LKPD-E. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep menggunakan three tier multiple choice test pada pembelajaran laju reaksi dengan pendekatan STEM berbantuan LKPD-E. Metode penelitian yang digunakan yaitu mix method. Desain penelitian ini adalah concurrent embedded design (campuran tidak berimbang). Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 12 Semarang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes three tier multiple choice untuk mengukur pemahaman konsep peserta didik, angket untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran, dan wawancara. Data kuantitatif didapatkan dari metode tes dan angket sedangkan data kualitatif didapatkan dari metode wawancara. Pada instrumen tes three tier multiple choice dilakukan validitas isi (contsruct validity dan validitas butir. Instrumen tes yang digunakan diujicobakan terlebih dahulu sebelum digunakan dalam penelitian. Uji coba ini untuk mengetahui durasi waktu mengerjakan tes, validitas, reliabilitas, daya beda, dan taraf kesukaran. Hasil penelitian menunjukkan profil pemahaman konsep peserta didik yaitu 33% peserta didik paham konsep. Angka ini dapat dikategorikan rendah. Persentase total peserta didik yang mengalami miskonsepsi sebesar 52% dapat dikategorikan dalam tingkat sedang. Persentase peserta didik yang menebak 2%; kurang paham 6%, dan tidak paham 7% dikategorikan dalam tingkat rendah. Peserta didik memberikan respon dalam kategori baik terhadap pembelajaran materi laju reaksi dengan pendekatan STEM berbantuan LKPD-E. Hal ini berdasarkan pada rata-rata skor total angket dari seluruh peserta didik adalah 45,02 yang menunjukkan kategori baik. Terdapat 1 responden yang memberi tanggapan dengan kategori kurang baik, 30 responden yang memberi tanggapan baik, dan 4 responden yang memberi ttanggapan sangat baik. Hasil reliabilitas angket respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan pendekatan STEM berbantuan LKPD-E adalah 0,798 sehingga dapat dikatakan bahwa angket tersebut reliabel.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep, instrumen tes diagnostik three tier multiple choice, laju reaksi, STEM, LKPD-E.
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 15 Dec 2020 07:25
Last Modified: 15 Dec 2020 07:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42076

Actions (login required)

View Item View Item