ANALISIS MISKONSEPSI SISWA MATERI ASAM BASA MENGGUNAKAN TWO-TIER BERBANTUAN CRI (CERTAINTY OF RESPONSE INDEX) BERBASIS CBT


Nanda Ayu Lestari, 4301416047 (2020) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA MATERI ASAM BASA MENGGUNAKAN TWO-TIER BERBANTUAN CRI (CERTAINTY OF RESPONSE INDEX) BERBASIS CBT. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 4301416047.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Ilmu kimia mempelajari konsep yang kompleks dan abstrak sehingga tidak mudah dipahami siswa. Oleh karena itu, siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep kimia dan seringkali tidak dapat menyelaraskan pengetahuan awal dengan pengetahuan barunya sehingga dapat menyebabkan terjadinya miskonsepsi. Miskonsepsi yang terjadi pada siswa harus segera diidentifikasi supaya dapat segera diatasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil miskonsepsi yang dialami oleh siswa kelas XI di SMA Negeri 12 Semarang terhadap materi asam basa dan menganalisis faktor penyebab miskonsepsi siswa pada materi asam basa. Profil miskonsepsi pada materi asam basa dapat dianalisis menggunakan tes diagnostik two-tier berbantuan CRI (Certainty of Response Index) berbasis CBT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method yaitu kombinasi metode kuantitatif dan kualitatif, dimulai dari observasi, kajian literatur, menyusun kisi-kisi soal, penyusunan soal tes dan pedoman wawancara, validasi ahli, uji coba, analisis data uji coba, penyusunan soal dan angket di Google Form, tes diagnostik, wawancara, pengisian angket, dan analisis miskonsepsi. Hasil penelitian ini menunjukkan data uji coba instrumen tes valid dan reliabel. Nilai validitas diperoleh skor 29,67 dari skor maksimal 36 dengan kategori sangat layak, dan memiliki reliabilitas sebesar 0,8036. Hasil analisis miskonsepsi siswa materi asam basa kelas XI SMA Negeri 12 Semarang secara keseluruhan 43,75%. Faktor penyebab terjadinya miskonsepsi siswa pada materi asam basa berasal dari prakonsepsi (konsep awal) siswa, cara mengajar guru, sumber belajar, dan faktor kemampuan siswa. Simpulan dalam penelitian ini adalah instrumen tes two-tier berbantuan CRI berbasis CBT dapat digunakan untuk menganalisis miskonsepsi siswa pada materi asam basa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: miskonsepsi, two-tier, CRI, CBT
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 15 Dec 2020 07:23
Last Modified: 15 Dec 2020 07:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42075

Actions (login required)

View Item View Item