ANALISIS PENCAPAIAN KOMPETENSI KOGNITIF KIMIA PESERTA DIDIK MATERI REDOKS DAN TATA NAMA SENYAWA MELALUI TWO TIER DIGITAL TEST


Lies Lestariningtias, 4301416059 (2020) ANALISIS PENCAPAIAN KOMPETENSI KOGNITIF KIMIA PESERTA DIDIK MATERI REDOKS DAN TATA NAMA SENYAWA MELALUI TWO TIER DIGITAL TEST. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 4301416059.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (17MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik merupakan ciri tidak tercapainya kompetensi kognitif. Salah satu cara untuk mengukur pencapaian kompetensi kognitif peserta didik adalah menggunakan two tier test. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil pencapaian kompetensi kognitif kimia peserta didik pada materi redoks dan tata nama senyawa melalui two tier digital test menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 9 Semarang dan SMA I Sultan Agung pada tanggal 23 Desember 2019 sampai dengan 12 Maret 2020. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMAN 9 Semarang dan SMA I Sultan Agung 1. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, tes, serta angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis model klasik menggunakan Microsoft Excel. Analisis model klasik untuk estimasi validitas, daya pembeda, tingkat kesukaran butir, dan estimasi reliabilitas soal. Instrumen tes yang digunakan telah teruji validitas isi, validitas butir, dan reliabilitas soal. Terdapat enam indikator kompetensi kognitif yang harus dicapai peserta didik pada materi redoks dan tata nama senyawa yakni: (1) menjelaskan konsep reaksi reduksi dan oksidasi, (2) menentukan perubahan bilangan oksidasi unsur dalam senyawa atau ion poliatomik, (3) menentukan oksidator, reduktor, dan hasil reduksi dalam suatu reaksi redoks, (4) menentukan reaksi disproporsionasi dan konproporsionasi serta suatu zat yang bertindak sebagai oksidator dan reduktor sekaligus, (5) mendeskripsikan konsep redoks dalam kehidupan sehari-hari, dan (6) menuliskan nama IUPAC dari suatu senyawa. Kompetensi dasar materi redoks dan tata nama senyawa di kelas X belum dapat dicapai oleh peserta didik. Hasil penelitian pada kedua sekolah menunjukkan tingkat pencapaian kompetensi kognitif yang termasuk dalam kategori kurang. Dengan persentase rata-rata pada kelas X SMAN 9 Semarang sebesar 51,17% sedangkan pada kelas X SMA 1 Sultan Agung 1 sebesar 45,67%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: indikator pencapaian kompetensi, kompetensi kognitif, two tier digital test, redoks dan tata nama senyawa
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 15 Dec 2020 07:17
Last Modified: 15 Dec 2020 07:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42073

Actions (login required)

View Item View Item