STUDI RATIO MOL GUM ROSIN/ASAM FUMARAT DAN KONSENTRASI KATALIS P-TOLUENE SULFONIC ACID (PTSA) PADA ESTERIFIKASI FUMARIC MODIFIED ROSIN ESTER


Ferry Faila Shufa, 4311415058 (2020) STUDI RATIO MOL GUM ROSIN/ASAM FUMARAT DAN KONSENTRASI KATALIS P-TOLUENE SULFONIC ACID (PTSA) PADA ESTERIFIKASI FUMARIC MODIFIED ROSIN ESTER. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 4311415058.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Gum rosin non modifikasi mempunyai beberapa kelemahan yaitu sifatnya yang cenderung mengkristal, mudah teroksidasi, dan mudah bereaksi dengan garam-garam logam berat. Gum rosin dapat dimodifikasi dengan cara memodifikasi ikatan rangkap dan gugus karboksil yang ada pada senyawa asam dalam rosin tersebut untuk memperbaiki sifat – sifatnya ke arah yang lebih baik. Dalam penelitian ini gum rosin direaksikan dengan asam fumarat dan gliserol, menggunakan variasi perbandingan ratio mol dan penambahan katalis PTSA. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh perbandingan ratio mol dan penambahan katalis pada esterifikasi gum rosin fumarat dan gliserol dan juga menganalisis sifat fisiko kimia pada produk fumaric modified rosinester (FMRE). Analisis karakterisasi menggunakan GC-MS dan FTIR. Hasil total ester paling optimal diperoleh dari perbandingan ratio mol 1:1 dengan penambahan katalis 0,2% yaitu sebesar 35,96%. Modifikasi gum rosin pada penelitian ini telah meningkatkan kualitas sifat fisiko kimia dari gum rosin non modifikasi dapat dilihat dari meningkatnya titik lunak dan menurunnya bilangan asam.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gum rosin, katalis, fumaric modified rosin, asam fumarat.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 15 Dec 2020 06:58
Last Modified: 15 Dec 2020 06:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42064

Actions (login required)

View Item View Item