KEEFEKTIFAN VIDEO BERBASIS KEARIFAN LOKAL DAN ETNOBIOLOGI DI PULAU KOMODO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PLH


Kenya Luthfia Nur Shabrina, 4401415083 (2020) KEEFEKTIFAN VIDEO BERBASIS KEARIFAN LOKAL DAN ETNOBIOLOGI DI PULAU KOMODO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PLH. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 4401415083.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kelayakan dan keefektifan Video Berbasis Etnobiologi di Pulau Komodo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D). Produk yang berupa video divalidasi oleh validator media dan validator materi. Produk yang telah divalidasi selanjutkan direvisi sebelum diuji coba. Uji coba skala kecil menggunakan 10 siswa dari kelas X MIPA 3 dan uji coba skala besar menggunakan 36 siswa dari kelas X MIPA 2 dengan desain eksperimen Pre-experimental Design jenis Pretest and Post-test One Group Design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelayakan Video Berbasis Etnobiologi di Pulau Komodo memperoleh nilai ratarata persentase uji kelayakan ahli media dan ahli materi secara berturut-turut sebesar 90,83% dan 72,92% yang keduanya masuk dalam kriteria sangat layak. Ketuntasan hasil belajar dan sikap peduli lingkungan siswa secara berturut-turut 86,11% dengan kriteria tuntas dan 83,79% dengan kriteria sangat tinggi. Hal ini ditunjukkan berdasarkan 31 siswa memenuhi syarat dinyatakan tuntas dalam hasil belajar dan 36 siswa memenuhi syarat dinyatakan memiliki sikap peduli lingkungan. Syarat dinyatakan tuntas dalam hasil belajar, jika memenuhi nilai standard minimal sebesar 75 dan memperoleh nilai N-gain sebesar >0,3 dengan kriteria sedang sampai tinggi. Syarat dinyatakan memiliki sikap peduli lingkungan, jika siswa memperoleh rata-rata persentase dari 3 penilaian (diri sendiri, teman dan observer) sebesar ≥62%. Sikap peduli lingkungan dapat dibuktikan melalui 3 penilaian yaitu penilaian diri sendiri sebesar 89,40%, penilaian teman sebesar 80,06% dan penilaian observer sebesar 81,94%. Hasil dari tanggapan siswa sebesar 93,75% dan tanggapan guru serta pengelola sebesar 94,17%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Video Berbasis Etnobiologi di Pulau Komodo sangat layak dan efektif terhadap hasil belajar dan sikap peduli lingkungan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Video Kearifan Lokal dan Etnobiologi di Pulau Komodo, media pembelajaran, hasil belajar dan sikap peduli lingkungan
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 15 Dec 2020 06:40
Last Modified: 15 Dec 2020 06:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42058

Actions (login required)

View Item View Item