PENGARUH KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS HASANUDIN KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL
Iin Farhatunnisa, 1401416324 (2020) PENGARUH KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS HASANUDIN KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGARUH KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS HASANUDIN KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL)
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Keberhasilan belajar siswa dapat dilihat dari hasil belajar yang telah diperoleh setelah mengikuti pendidikan. Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya faktor keterampilan dasar mengajar dan fasilitas belajar. keterampilan dasar mengajar yag dimiliki oleh guru akan berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. pemanfaatan fasilitas belajar yang dimanfaatkan baik oleh guru maupun siswa selama proses pembelajaran akan mempengaruhi keberhasilan hasil belajar. yujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh keterampilan dasar mengajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V SDN Gugus Hasanudin Kecamatan Margadana Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Gugus Hasanudin Kecamatan Margadana Kota Tegal yang berjumlah 165 siswa dengan sampel 116 siswa. Metode analisis data penelitian ini meliputi uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas, serta analisis akhir yang terdiri dari uji korelasi sederhana, uji regresi sederhana, uji korelasi berganda, uji regresi berganda, koefisien determinan, dan uji koefisien regresi secara bersama sama (uji F). Hasil uji hipotesis pengaruh keterampilan dasar mengajar terhadap hasil belajar PPKn menunjukkan bahwa thitung > ttabel (7,884 > 1,98), berarti Ho ditolak. Hasil uji hipotesis pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar menunjukkan bahwa thitung > ttabel (4,920 > 1,98) berarti Ho ditolak. Hasil uji hipotesis pengaruh keterampilan dasar mengajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel (3,2890 > 3,076). berarti Ho ditolak. Keterampilan dasar mengajar terhadap hasil belajar PPKn sebesar 35,3%. Fasilitas belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar sebesar 17,5%. Keterampilan dasar mengajar dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar PPKn sebesar 36,8%. Saran sebaiknya guru meningkatkan keterampilan dasar mengajar terutama pemberian penguatan agar siswa termotivasi dalam belajar dan juga pemanfaatan fasilitas belajar digunakan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fasilitas Belajar, Hasil Belajar, Keterampilan Dasar Mengajar |
Subjects: | L Education > Special Education > Primary school education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 14 Dec 2020 03:42 |
Last Modified: | 14 Dec 2020 03:42 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42043 |
Actions (login required)
View Item |