HUBUNGAN MINAT BELAJAR SISWA DAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD GUGUS WOLTER MONGINSIDI KECAMATAN KALIWUNGU KABUPATEN KENDAL


Rusdiyanah, 1401416302 (2020) HUBUNGAN MINAT BELAJAR SISWA DAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD GUGUS WOLTER MONGINSIDI KECAMATAN KALIWUNGU KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN MINAT BELAJAR SISWA DAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD GUGUS WOLTER MONGINSIDI KECAMATAN KALIWUNGU KABUPATEN KENDAL]
Preview
PDF (HUBUNGAN MINAT BELAJAR SISWA DAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD GUGUS WOLTER MONGINSIDI KECAMATAN KALIWUNGU KABUPATEN KENDAL) - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Minat belajar dan media pembelajaran merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Siswa yang memiliki minat belajar yang tinggi dan memperoleh manfaat media pembelajaran yang menarik dan tepat dengan kebutuhan siswa maka tingkat keberhasilan belajarnya pun akan baik. Minat belajar merupakan rasa suka terhadap suatu hal yang berasal dari diri sendiri. Media pembelajaran merupakan alat bantu dalam lingkungan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar matematika siswa; (2) menguji hubungan antara media pembelajaran dengan hasil belajar matematika siswa; (3) menguji hubungan antara minat belajar dan media pembelajaran dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Gugus Wolter Monginsidi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis korelasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Gugus Wolter Monginsidi sebanyak 197 siswa, dan sampel sebanyak 141 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Variabel penelitian ini meliputi minat belajar, media pembelajaran, dan hasil belajar matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil analisis data menunjukkan: (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar matematika siswa, nilai rhitung = 0,460, termasuk kategori sedang serta berkontribusi sebesar 37,9%; (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara media pembelajaran dengan hasil belajar matematika siswa, nilai rhitung = 0,342, termasuk kategori rendah terhadap hasil belajar matematika siswa serta berkontribusi sebesar 24,5%. (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dan media pembelajaran dengan hasil belajar matematika siswa, nilai rhitung = 0,468 termasuk kategori sedang serta berkontribusi sebesar 41,4% terhadap hasil belajar siswa dan 58,6% ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti. Simpulan penelitian ini menunjukan ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar matematika siswa; ada hubungan posistif dan signifikan antara media pembelajaran dengan hasil belajar matematika siswa; ada hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dan media pembelajaran dengan hasil belajar matematika. Disarankan agar guru membangkitkan minat belajar siswa, lebih memahami media pembelajaran & menerapkan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: minat belajar; media pembelajaran; hasil belajar
Subjects: L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 Dec 2020 03:38
Last Modified: 14 Dec 2020 03:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42042

Actions (login required)

View Item View Item