PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENEMUKAN ISI CERITA SISWA KELAS IV SDN 2 CAMPUREJO


Gigih Wicaksono, 1401416300 (2020) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENEMUKAN ISI CERITA SISWA KELAS IV SDN 2 CAMPUREJO. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENEMUKAN ISI CERITA SISWA KELAS IV SDN 2 CAMPUREJO]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENEMUKAN ISI CERITA SISWA KELAS IV SDN 2 CAMPUREJO) - Published Version
Download (10MB) | Preview

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan salah satu muatan pelajaran yang diajarkan di SD. Berdasarkan hasil observasi, studi dokumentasi, dan wawancara dengan guru kelas IV SDN 2 Campurejo, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, diketahui bahwa hasil belajar bahasa Indonesia materi menemukan isi cerita siswa masih rendah. Hal tersebut disebabkan karena pembelajaran yang dilakukan kurang menarik karena belum menggunakan media yang inovatif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media buku cerita bergambar interaktif, menguji kelayakan media, serta menguji keefektifan media buku cerita bergambar interaktif terhadap kemampuan menemukan isi cerita siswa kelas IV SDN 2 Campurejo, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif de-ngan jenis penelitian yaitu research and development (R&D). Prosedur penelitian pengembangan yang dilaksanakan mengacu pada model pengembangan menurut Borg & Gall meliputi tahap mengumpulkan informasi dan memecahkan masalah, mengumpulan data, mendesain produk, memvalidasi desain, merevisi desain, menguji coba produk, merevisi produk, dan menguji coba pemakaian. Teknik pe-ngambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Analisis data dila-kukan dengan uji kelayakan dan uji keefektifan media. Teknik analisis data meng-gunakan analisis data awal dengan Uji normalitas data (Chi Kuadrat) dan analisis data akhir dengan Uji t berpasangan dan Uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah melalui tahap validasi produk oleh ahli materi diperoleh skor 75% dan oleh ahli media diperoleh skor 92,5% dengan kategori sangat layak. Keefektifan media diuji dengan perhitungan hasil nilai tes awal dan tes akhir menggunakan uji-t berpasangan diperoleh ????ℎ???????????????????? = 13,790 >???????????????????????? = 2,055 maka H0 ditolak atau Ha diterima. Dapat disimpulkan bah-wa media Buku Cerita Bergambar Interaktif efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran dan mampu meningkatkan kemampuan siswa untuk menemukan isi cerita pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Peneliti menyarankan kepada guru untuk dapat menggunakan media buku cerita bergambar interaktif sebagai salah satu media untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam materi menemukan isi cerita. Selain itu peneliti juga mengharapkan agar guru dapat mengembangkan permainan sebagai media pembelajaran dan meningkatkan kompetensi pedagogis dalam melaksanakan tugasnya sebagai fasilitator pendidikan di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, kemampuan menemukan isi cerita, buku cerita bergambar interaktif
Subjects: L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 Dec 2020 03:28
Last Modified: 14 Dec 2020 03:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42041

Actions (login required)

View Item View Item