MEDIA APLIKASI BELAJAR CERDAS BERBASIS ANDROID DENGAN MODEL TPS (THINK-PAIR-SHARE) PADA MUPEL IPS KELAS V SD NEGERI KRAPYAK KOTA SEMARANG


Peggi Utami, 1401416253 (2020) MEDIA APLIKASI BELAJAR CERDAS BERBASIS ANDROID DENGAN MODEL TPS (THINK-PAIR-SHARE) PADA MUPEL IPS KELAS V SD NEGERI KRAPYAK KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of MEDIA APLIKASI BELAJAR CERDAS BERBASIS ANDROID DENGAN MODEL TPS (THINK-PAIR-SHARE) PADA MUPEL IPS KELAS V SD NEGERI KRAPYAK KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (MEDIA APLIKASI BELAJAR CERDAS BERBASIS ANDROID DENGAN MODEL TPS (THINK-PAIR-SHARE) PADA MUPEL IPS KELAS V SD NEGERI KRAPYAK KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurangnya pemanfaatan media khususnya media berbasis IT pada pembelajaran IPS kelas V di SD Negeri Krapyak, hal tersebut menyebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi dan rendahnya hasil belajar siswa. Sehingga dikembangkan media pembelajaran berupa Aplikasi Belajar Cerdas berbasis android, dengan berbantuan model TPS (Think-Pair-Share). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan, kelayakan, dan keefektifan media Aplikasi Belajar Cerdas berbasis android pada pembelajaran IPS kelas V SD Negeri Krapyak. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan, menguji kelayakan dan keefektifan media Aplikasi Belajar Cerdas berbasis android di pembelajaran IPS kelas V SD Negeri Krapyak. Dengan prosedur penelitian Reserch and Development (R&D yaitu potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji pemakaian produk, dan produksi masal. Sampel dari penelitian adalah 30 siswa kelas VA untuk uji pemakaian produk skala besar dan 12 siswa kelas VC untuk uji coba produk skala kecil, di SD Negeri Krapyak Semarang Barat. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik tes meliputi pretest posttest, dan teknik nontes meliputi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal, uji t, dan uji gain. Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) media Aplikasi Belajar Cerdas berbasis android telah dikembangkan sesuai prosedur. (2) media Aplikasi Belajar Cerdas berbasis android dinyatakan sangat layak oleh validator ahli dengan persentase nilai 98% dari ahli media dan ahli materi. (3) penggunaan media Aplikasi Belajar Cerdas berbasis android berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif dengan nilai signifikansi uji t pada uji coba skala kecil sig (2-tailed) = 0,000 dan n-gain = 0,60 berkategori sedang, nilai pada uji pemakaian skala besar yaitu sig (2-tailed) = 0,000 dan n-gain = 0,59 berkategori sedang. Serta mendapat respon positif dari siswa dan guru. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Aplikasi Belajar Cerdas berbasis android yang dikembangkan dinyatakan layak dan efektif dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V. Saran dalam penelitian ini yaitu Aplikasi Belajar Cerdas berbasis android dapat digunakan sebagai salah satu media inovatif dan efektif terhadap hasil belajar siswa pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aplikasi android, hasil belajar IPS, media pembelajaran
Subjects: L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 Dec 2020 01:39
Last Modified: 14 Dec 2020 01:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42039

Actions (login required)

View Item View Item