PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP KEDISIPLINAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD DABIN 10 KECAMATAN BREBES


Rahmah Nurhidayah, 1401416250 (2020) PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP KEDISIPLINAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD DABIN 10 KECAMATAN BREBES. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP KEDISIPLINAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD DABIN 10 KECAMATAN BREBES]
Preview
PDF (PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP KEDISIPLINAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD DABIN 10 KECAMATAN BREBES) - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Pendidikan berfungsi sebagai pembentuk karakter dan potensi yang akan terus diberikan kepada tiap-tiap individu yang ingin berkembang. Komponen yang paling berpengaruh terhadap keberhasilan pendidikan yaitu keluarga. Pola asuh orangtua menjadi salah satu aspek terpentingnya yang berfungsi sebagai pembentuk kepribadian dan pengetahuan anak. Berdasarkan identifikasi awal diperoleh bahwa pola asuh orangtua siswa di SD Dabin 10 Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes cenderung kurang baik. Hal tersebut berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa dalam segala aspek, terutama dalam kedisiplinan dan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pola asuh orangtua terhadap kedisiplinan dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Dabin 10 Kecamatan Brebes. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 296 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Probability Sampling dengan jenis Proportionate Stratified Random Sampling. Pengujian hipotesis penelitian terdiri dari analisis regresi linier sederhana, analisis korelasi sederhana, analisis determinasi, dan uji t yang terdiri dari uji signifikansi koefisien regresi sederhana dan uji signifikansi koefisien korelasi sederhana. Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan pola asuh orangtua terhadap kedisiplinan belajar siswa yang dibuktikan dengan perolehan thitung > ttabel (2,438 > 1,974), besar pengaruh yang diberikan yaitu 3,4%; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan pola asuh orangtua terhadap hasil belajar matematika siswa yang dibuktikan dengan perolehan thitung > ttabel (2,168 > 1,974), besar pengaruh yang diberikan yaitu 2,7%; (3) terdapat hubungan yang signifikan antara kedisiplinan belajar dan hasil belajar matematika siswa yang dibuktikan dengan perolehan thitung > ttabel (3,082 > 1,974), Nilai korelasi sederhana sebesar 0,230 yang berada antara 0,20 – 0,399, sehingga korelasi antara kedua variabel tergolong “rendah”. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa pola asuh orangtua berpengaruh terhadap kedisiplinan dan hasil belajar matematika siswa. Diharapkan pihak sekolah dapat lebih baik dalam menjaga komunikasi dengan orangtua siswa supaya kegiatan belajar siswa dapat dikontrol oleh pihak sekolah dan orangtua, dengan demikian dapat meningkatkan kualitas hasil belajar siswa dalam segala aspek.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Kedisiplinan Belajar; Matematika; Pola Asuh Orangtua
Subjects: L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 Dec 2020 01:34
Last Modified: 14 Dec 2020 01:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42038

Actions (login required)

View Item View Item