KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MUPEL IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS SULTAN AGUNG PECANGAAN JEPARA


Daruningtyas Putri Pratiwi, 1401416248 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MUPEL IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS SULTAN AGUNG PECANGAAN JEPARA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MUPEL IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS SULTAN AGUNG PECANGAAN JEPARA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MUPEL IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS SULTAN AGUNG PECANGAAN JEPARA) - Published Version
Download (10MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran memiliki andil dalam menentukan keberhasilan belajar siswa. Pentingnya peran guru menerapkan model pembelajaran yang efektif dalam proses pembelajaran. Hasil pra penelitian di SDN Gugus Sultan Agung Pecangaan Jepara pada siswa kelas IV menunjukkan proses pembelajaran kurang keterlibatan secara aktif dari para siswa, yang berdampak perolehan hasil belajar belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media audiovisual terhadap hasil belajar muatan pembelajaran IPS kelas IV SDN Gugus Sultan Agung Pecangaan Jepara. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus Sultan Agung Pecangaan Jepara dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas IV SDN 03 Pecangaan Wetan sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SDN 02 Pecangaan Wetan sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa pretest-postest dan nontes berupa, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, homogenitas, uji t, dan uji N-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model Discovery Learning berbantuan media audiovisual efektif digunakan pada muatan pembelajaran IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia kelas IV SDN Gugus Sultan Agung Pecangaan Jepara. Hasil uji t sebesar thitung =2,592 > ttabel = 2,002, sehingga Ha diterima. Hasil uji N-gain kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol (0,477 > 0,286) kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media audiovisual efektif terhadap hasil belajar mupel IPS siswa kelas IV SDN Gugus Sultan Agung Pecangaan Jepara. Saran agar pembelajaran mupel IPS menggunakan model pembelajaran inovatif seperti model Discovery Learning berbantuan media audiovisual sesuai materi dan sintaks model Discovery Learning sehingga pembelajaran menjadi efektif dan memperoleh hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: audiovisual; discovery learning; hasil belajar; mupel IPS
Subjects: L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 Dec 2020 01:27
Last Modified: 14 Dec 2020 01:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42037

Actions (login required)

View Item View Item