PENGARUH PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DAN KETERSEDIAAN SUMBER BELAJAR TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS TINGGI SDN DI GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL
Atika Ma’rifatul Khasanah, 1401416179 (2020) PENGARUH PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DAN KETERSEDIAAN SUMBER BELAJAR TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS TINGGI SDN DI GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGARUH PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DAN KETERSEDIAAN SUMBER BELAJAR TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS TINGGI SDN DI GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL)
- Published Version
Download (7MB) | Preview |
Abstract
Minat baca merupakan suatu keinginan yang berasal dari diri sendiri untuk membaca. Berdasarkan studi pendahuluan, diperoleh informasi bahwa minat baca siswa kelas tinggi SDN di Gugus Sultan Agung Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal masih tergolong rendah. Beberapa guru menjelaskan bahwa siswa kelas tinggi lebih suka bermain daripada membaca. Rendahnya minat baca dipengaruhi oleh beberapa faktor, dua diantaranya adalah pengelolaan perpustakaan dan ketersediaan sumber belajar. Berdasarkan latar belakang, tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk men-deskripsikan pengaruh pengelolaan perpustakaan terhadap minat baca, (2) untuk mendeskripsikan pengaruh ketersediaan sumber belajar terhadap minat baca, (3) untuk mendeskripsikan pengaruh pengelolaan perpustakaan dan ketersediaan sumber belajar terhadap minat baca. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas IV dan V SDN di Gugus Sultan Agung Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal yang memiliki gedung perpustakaan, yaitu sebanyak 153 siswa dengan sampel penelitian 111 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunkan analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi berganda, regresi berganda (R2), koefisien determinan dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (Uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengelolaan perpustakaan terhadap minat baca yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (5,419 > 1,982) dengan pengaruh sebesar 21,2%. (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan ketersediaan sumber belajar terhadap minat baca yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (2,429 > 1,982) dengan pengaruh sebesar 5,1%. (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengelolaan perpustakaan dan ketersediaan sumber belajar dengan minat baca yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel (25,433 > 3,080). Disimpulkan bahwa pengelolaan perpustakaan dan ketersediaan sumber belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat baca siswa kelas tinggi SDN di Gugus Sultan Agung Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bagi guru selalu memotivasi siswa untuk gemar membaca. Pengelola perpustakaan disarankan untuk memperhatikan koleksi perpustakaan. Pihak sekolah disarankan dapat memperhatikan fasilitas perpustakaan dan ketersediaan sumber belajar di sekolah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | minat baca, pengelolaan perpustakaan, sumber belajar |
Subjects: | L Education > Special Education > Skills Educations |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 14 Dec 2020 01:23 |
Last Modified: | 14 Dec 2020 01:23 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42036 |
Actions (login required)
View Item |