ANALISIS FILOGENI DURIAN PULAU KUNDUR KEPULAUAN RIAU BERDASARKAN SEKUEN trnL-F INTERGENIC SPACER


Anang Ma’ruf, 4411415038 (2020) ANALISIS FILOGENI DURIAN PULAU KUNDUR KEPULAUAN RIAU BERDASARKAN SEKUEN trnL-F INTERGENIC SPACER. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS FILOGENI DURIAN PULAU KUNDUR KEPULAUAN RIAU BERDASARKAN SEKUEN trnL-F INTERGENIC SPACER]
Preview
PDF (ANALISIS FILOGENI DURIAN PULAU KUNDUR KEPULAUAN RIAU BERDASARKAN SEKUEN trnL-F INTERGENIC SPACER) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Durian Pulau Kundur memiliki variasi genetik tinggi. Letak geografis yang berdekatan menjadikan komoditas perdagangan diantara Pulau Kundur dan Malaysia. Peran masyarakat memungkinkan bibit dan buah durian Malaysia masuk ke Pulau Kundur, mengakibatkan variasi genetik durian di Pulau Kundur tinggi. Analisis filogeni penting dilakukan untuk menjelaskan hubungan keturunan dan kekerabatan durian di Pulau Kundur. Sekuen trnL-F intergenic spacer memiliki sifat haploid, diwariskan maternal, dan laju evolusi tinggi dilaporkan sesuai untuk mengkaji filogeni pada takson rendah. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis filogeni durian Pulau Kundur berdasarkan sekuen trnL-F intergenic spacer Dua puluh sembilan sekuen DNA sebagai ingroup yang terdiri atas 23 varietas Kundur, 4 varietas lokal Indonesia, dan 2 varietas Malaysia. Sekuen Heritiera fomes dari GenBank digunakan sebagai outgroup. Sebanyak 29 sekuen varietas durian dan 1 sekuen outgroup dianalisis menggunakan primer trnL-F intergenic spacer. Hasil phylogram berdasarkan sekuen trnL-F intergenic spacer menunjukkan percabangan yang parafiletik, artinya seluruh varietas durian berasal dari keturunan nenek moyang yang berbeda. Varietas Matahari (B11) diduga menjadi common ancestor karena memiliki umur molekuler yang lebih tua daripada varietas lain. Filogeni durian Pulau Kundur berdasarkan sekuen trnL-F intergenic spacer tidak bisa dikaitkan dengan karakter morfologi. Hal ini disebabkan perbedaan pewarisan sifat dari karakter morfologi (paternal) dan sekuen trnL-F (maternal).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: trnL-F intergenic spacer, filogeni, Pulau Kundur, durian
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 11 Dec 2020 03:15
Last Modified: 11 Dec 2020 03:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42030

Actions (login required)

View Item View Item