IMPLEMENTASI TATA TERTIB SEKOLAH DAN PERAN GURU DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS II A SDN TAMBAKAJI 04 KOTA SEMARANG


Anisa Siti Khoiriyah, 1401416165 (2020) IMPLEMENTASI TATA TERTIB SEKOLAH DAN PERAN GURU DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS II A SDN TAMBAKAJI 04 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of IMPLEMENTASI TATA TERTIB SEKOLAH DAN PERAN GURU DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS II A SDN TAMBAKAJI 04 KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI TATA TERTIB SEKOLAH DAN PERAN GURU DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS II A SDN TAMBAKAJI 04 KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal yang tidak berhenti berkembang disertai dengan permasalahan yang beragam, salah satunya yaitu perkembangan teknologi informasi yang dapat diakses siswa sehingga mempengaruhi proses perkembangan karakternya. Untuk mengatasi hal tersebut, peran guru dalam penguatan pendidikan karakter siswa sangatlah penting. Melalui implementasi tata tertib sekolah, siswa dibiasakan untuk taat terhadap aturan sehingga karakternya akan terbentuk. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi tata tertib sekolah dan peran guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) siswa kelas IIA SDN Tambakaji 04 Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, angket, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan sebelum dan sesudah di lapangan. Analisis data sebelum di lapangan dilakukan dengan melakukan pra penelitian, sedangkan analisis data setelah di lapangan menggunakan Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Implementasi tata tertib sekolah dalam PPK siswa kelas II A SDN Tambakaji 04 Kota Semarang dilaksanakan dengan memenuhi tiga indikator implementasi tata tertib sekolah yaitu: penyusunan tata tertib sekolah, sosialisasi tata tertib sekolah, dan penegakan tata tertib sekolah, (2) Dalam implementasi tata tertib sekolah untuk PPK siswa kelas II A SDN Tambakaji 04 Kota Semarang, guru memiliki peran penting sebagai teladan, inspirator, motivator, dinamisator, dan evaluator, (3) Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di kelas II A SDN Tambakaji 04 Kota Semarang dilaksanakan dengan menanamkan lima nilai karakter utama yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Simpulan penelitian ini meliputi: (1) Implementasi tata tertib sekolah dalam PPK secara umum telah berjalan dengan baik, melalui empat unsur yaitu peraturan, hukuman, konsistensi, dan penghargaan. (2) Peran guru dalam PPK sangatlah penting dan memiliki pengaruh yang besar terhadap kualitas karakter siswa, salah satunya dalam implementasi tata tertib sekolah. (3) Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalui implementasi tata tertib sekolah dengan bimbingan guru dapat terlaksana dengan baik dan dapat membentuk siswa yang berkarakter.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tata Tertib Sekolah; Peran Guru; dan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
Subjects: L Education > Special Education > Skills Educations
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 11 Dec 2020 02:00
Last Modified: 11 Dec 2020 02:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42024

Actions (login required)

View Item View Item