PERAN GURU DALAM MANAJEMEN KELAS UNTUK PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS V SDN PURWOYOSO 06 KOTA SEMARANG


Cahya Fitrianik, 1401416161 (2020) PERAN GURU DALAM MANAJEMEN KELAS UNTUK PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS V SDN PURWOYOSO 06 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERAN GURU DALAM MANAJEMEN KELAS UNTUK PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS V SDN PURWOYOSO 06 KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PERAN GURU DALAM MANAJEMEN KELAS UNTUK PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS V SDN PURWOYOSO 06 KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang terjadi di SDN Purwoyoso 06 Kota Semarang menunjukkan siswa-siswa belum mampu dengan baik untuk mengendalikan emosionalnya dan guru pula belum maksimal dalam memanajemen kelas dikarenakan masih guru baru. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan peran guru dalam peningkatan kecerdasan emosional, 2) mendeskripsikan peran guru dalam manajemen kelas untuk peningkatan kecerdasan emosional serta 3) mendeskripsikan peningkatan kecerdasan emosional siswa kelas V SDN Purwoyoso 06 Semarang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif jenis deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 42 orang yang terdiri atas 1 guru kelas V dan 41 siswa kelas V SDN Purwoyoso 06 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi, angket, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan Miles and Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Peran guru yang dilaksanakan sangat baik mulai dari pendidik, pengajar, teladan,penasihat, pengelola kelas , dan evaluator. Peran dilakukan melalui pemaksimalan kinerja. 2) Manajemen kelas yang dilakukan guru meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksaan, dan pengawasan dari awal sampai akhir kegiatan telah dirancang sedemikian rupa sehingga dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa. 3) Kecerdasan emosional siswa ditandai dengan mampunya siswa dalam mengenali emosi, mengelola emosi, memotivasi, berempati, dan membina hubungan. Dalam membina hubungan dan memotivasi siswa kelas V SDN Purwoyoso 06 sedikit kurang mampu mengatur emosionalnya. Simpulan dari penelitian ini adalah peran guru dalam manajemen kelas sangat diperlukan untuk mengoptimalkan kecerdasan emosional siswa. Guru berperan untuk memberikan arahan dan masukan serta teladan yang baik untuk menunjang kecerdasan emosional siswa. Pendekatan resep, kekuasaan, pengajaran,sosio-emosional dan pendekatan perubahan tingkah laku dalam manajemen kelas yang digunakan guru untuk menunjang perannya juga memberikan pengaruh yang baik untuk kecerdasan emosional siswa. Kecerdasan emosional siswa mampu meningkat dengan ciri mengenali emosi, mengelola emosi dan empati yang sangat baik. Saran diharapkan guru mampu mengelola kelasnya dengan lebih baik menggunakan lebih banyak cara dan pendekatan agar kecerdasan emosional siswa dapat maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional; Manajemen Kelas; Peran guru
Subjects: L Education > Special Education > Skills Educations
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 11 Dec 2020 01:04
Last Modified: 11 Dec 2020 01:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42023

Actions (login required)

View Item View Item