PENGARUH PELAKSANAAN TATA TERTIB SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-GUGUS HASANUDIN KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL


Dita Rahmawati, 1401416109 (2020) PENGARUH PELAKSANAAN TATA TERTIB SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-GUGUS HASANUDIN KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH PELAKSANAAN TATA TERTIB SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-GUGUS HASANUDIN KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH PELAKSANAAN TATA TERTIB SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-GUGUS HASANUDIN KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL) - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan siswa dalam belajar tidak lepas dari kedisiplinannya dalam melakukan belajar. Kedisiplinan belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya yaitu pelaksanaan tata tertib sekolah dan motivasi belajar. Pelaksanaan tata tertib sekolah dan motivasi belajar merupakan faktor eksternal dan internal yang dapat memengaruhi kedisiplinan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan tata tertib sekolah dan motivasi belajar terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas V SD se-Gugus Hasanudin Kecamatan Margadana Kota Tegal. Teknik pengambilan sampel menggunakan Probability Sampling dengan jenis simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 165 siswa. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%, sehingga diperoleh sampel sebanyak 116 siswa. Variabel dalam penelitian ini meliputi kedisiplinan belajar, pelaksanaan tata tertib sekolah, dan motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan pelaksanaan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan belajar pada siswa kelas V SD dengan hasil penelitian diperolah thitung > ttabel (6,881 > 1,981) dan korelasi keduanya sebesar 0,542; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap kedisiplinan belajar pada siswa kelas V SD dengan hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel (6,227 > 1,981) dan korelasi keduanya sebesar 0,504; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan pelaksanaan tata tertib sekolah dan motivasi belajar terhadap kedisiplinan belajar pada siswa kelas V SD dengan hasil penelitian diperoleh Fhitung > Ftabel (26,322 > 3,077) dengan korelasi ganda sebesar 0,564. Besarnya pengaruh pelaksanaan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan belajar siswa sebesar 29,3%. Besarnya pengaruh motivasi belajar terhadap kedisiplinan belajar siswa sebesar 25,4%. Besarnya pengaruh pelaksanaan tata tertib sekolah dan motivasi belajar terhadap kedisiplinan belajar siswa sebesar 31,8%, sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan tata tertib sekolah dan motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap kedisiplinan belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan guru dapat memberikan dorongan untuk belajar pada siswa dengan hal-hal yang menarik agar siswa tergugah untuk belajar. Pihak sekolah disarankan disarankan untuk lebih memerhatikan ketegasan terkait berlakunya tata tertib sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Belajar, Motivasi Belajar, Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah.
Subjects: L Education > Special Education > Skills Educations
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 11 Dec 2020 01:00
Last Modified: 11 Dec 2020 01:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42022

Actions (login required)

View Item View Item