PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN PAKINTELAN 03 SEMARANG


Andrey Bachtiar, 1401413527 (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN PAKINTELAN 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN PAKINTELAN 03 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN PAKINTELAN 03 SEMARANG) - Published Version
Download (11MB) | Preview

Abstract

Berdasar hasil observasi, ditemukan data di lapangan bahwa media pembelajaran untuk muatan bahasa Indonesia materi pokok pikiran bacaan belum tersedia. Pembelajaran dengan materi tersebut dilaksanakan secara konvensional sehingga sebagian siswa masih kesulitan dalam menemukan dan menganalisis pokok pikiran teks bacaan. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan multimedia interaktif yang mendukung dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas V. Penelitian ini bertujuan; (1) mengembangkan desain multimedia interaktif; (2) menguji kelayakan multimedia interaktif; (3) menguji keefektifan multimedia interaktif. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yang dikembangkan Sugiyono. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase, uji validitas, uji reliabilitas, dan N-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) desain multimedia interaktif yang dikembangkan adalah desain tampilan, desain isi, dan komunikasi dan visual multimedia interaktif yang dirancang dan disusun berdasarkan hasil analisis kebutuhan guru dan siswa. (2) kelayakan multimedia interaktif dilihat dari penilaian ahli materi 75% (layak) dan ahli media 92% (sangat layak). (3) keefektifan multimedia interaktif dilihat dari hasil belajar siswa. Hasil belajar kognitif meningkat dari rata-rata 60 menjadi 79,64 dan memiliki peningkatan nilai signifikan N-gain 0,496. Nilai keterampilan siswa telah memenuhi KKM dengan rata-rata klasikal 86,6. Diperkuat hasil angket tanggapan guru dan siswa uji skala besar memperoleh kategori sangat layak. Simpulan penelitian ini adalah multimedia interaktif layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi pokok pikiran teks bacaan pada siswa kelas V SD Negeri Pakintelan 03 Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, multimedia, interaktif
Subjects: L Education > Special Education > Skills Educations
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 11 Dec 2020 00:56
Last Modified: 11 Dec 2020 00:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42021

Actions (login required)

View Item View Item