PERSEPSI SISWA TERHADAP TOKOH SUNAN KALIJAGA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMA N 1 KARANGANYAR DEMAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020


Meisa Clarita Arifiani, 3101415058 (2020) PERSEPSI SISWA TERHADAP TOKOH SUNAN KALIJAGA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMA N 1 KARANGANYAR DEMAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERSEPSI SISWA TERHADAP TOKOH SUNAN KALIJAGA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMA N 1 KARANGANYAR DEMAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020]
Preview
PDF (PERSEPSI SISWA TERHADAP TOKOH SUNAN KALIJAGA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMA N 1 KARANGANYAR DEMAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Persepsi sangat penting dalam pembentukan pemahaman sejarah sehingga, persepsi tersebut akan menjadi dasar pemahaman sejarah secara keseluruhan dalam pembelajaran sejarah. Salah satunya adalah pemahaman tokoh yang berjasa di daerahnya seperti Sunan Kalijaga yang berperan besar dalam penyebaran Islam di Jawa oleh karena itu penelitian ini membahas mengenai (1) bagaimanakah pembelajaran sejarah lokal tentang tokoh Sunan Kalijaga pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Karanganyar Demak, (2) bagaimanakah persepsi siswa kelas X SMA Negeri 1 Karanganyar Demak tentang tokoh Sunan Kalijaga, (3) apa kendala dalam pembelajaran sejarah lokal tentang tokoh Sunan Kalijaga pada siswa Kelas X SMA Negeri 1 Karanganyar Demak. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan meliputi informan guru sejarah kelas X dan siswa di SMA N 1 Karanganyar Demak, dan dokumen berupa bahan ajar Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah dibuat oleh guru. Teknik pengumpulan data melalu observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik dengan analisis data yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dalam proses pembelajaran sejarah di SMA N 1 Karanganyar Demak pada materi yang membahas tokoh Sunan Kalijaga guru cenderung menggunakan model pembelajaran lama yaitu diskusi, ceramah dan tanya jawab. (2) persepsi siswa terhadap tokoh Sunan Kalijaga sangat beraneka ragam jawabannya, ada beberapa siswa yang masih kurang dalam mengetahui siapa itu tokoh Sunan Kalijaga mereka hanya mengetahui gambaran umumnya saja, dan ada beberapa siswa yang mampu dalam mempersepsikan sosok Sunan Kalijaga dengan keteladan yang dapat ditiru oleh pemuda pemudi. (3) kendala dalam pembelajaran tersebut berkaitan dengan motivasi belajar siswa, keterbatasan sumber bacaan dan alokasi waktu. Saran untuk guru selalu meningkatkan dan mengembangkan pendekatan yang unik dan menarik dalam mengajar misalnya di luar kelas atau berkunjung ke Makam Sunan Kalijaga atau ke museumnya terutama dalam metode pembelajaran agar siswa tidak merasa bosan, khususnya materi tentang Sunan Kalijaga. Peneliti selanjutnya dapat memanfaatkan penelitian ini sebagai rujukan atau refrensi sehingga penelitian ini dapat dikembangkan dan menghasilkan penelitian lanjutan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Sejarah, Persepsi Siswa, Sunan Kalijaga
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 10 Dec 2020 03:01
Last Modified: 10 Dec 2020 03:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42010

Actions (login required)

View Item View Item