PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 12 SEMARANG DALAM KETERAMPILAN MEMBACA
Marshelia Nindyastuti, 2301414017 (2020) PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 12 SEMARANG DALAM KETERAMPILAN MEMBACA. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 12 SEMARANG DALAM KETERAMPILAN MEMBACA)
- Published Version
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Pada pembelajaran di kelas, guru menggunakan metode-metode yang dapat membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran. Metode yang digunakan oleh guru pada umumnya metode konvensional karena mudah diaplikasikan. Berdasarkan hasil wawancara dengan mahasiswa yang telah melakukan PPL dan guru bahasa Prancis di SMA N 12 Semarang, diperoleh informasi bahwa metode yang digunakan yaitu metode konvensional dan hasil belajar siswa dalam keterampilan membaca masih rendah. Oleh karena itu, peneliti berasumsi harus ada metode pembelajaran lain untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam keterampilan membaca. Metode Think Pair Share (TPS) dipilih untuk mengukur hasil belajar siswa. Alasan tersebut yang membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian eksperimen dengan tujuan mendeskripsikan pelaksanaan metode pembelajaran TPS pada keterampilan membaca dan kemampuan siswa kelas X MIPA SMA N 12 Semarang dalam keterampilan membaca menggunakan metode pembelajaran TPS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan model one-shot case study. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi dan metode tes. Untuk mengukur hasil belajar siswa, digunakan metode tes. Setelah diperoleh data, kemudian data dibandingkan dengan standar dari Depdikbud. Pada penelitian ini, pelaksanaan penelitian diadakan pada tanggal 24 Januari 2020 di kelas X MIPA 4 dengan menggunakan materi les jours de la semaine (nama-nama hari dalam satu minggu) dan les noms des cours (nama-nama mata pelajaran). Dalam pelaksanaannya menggunakan tiga tahap yaitu tahap think, tahap pair, tahap share. Berdasarkan hasil pengumpulan data diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 87,4. Berdasar pada penilaian acuan patokan (PAP), nilai rata-rata siswa berada pada rentang nilai 86-100 atau pada kategori sangat baik. Dengan demikian kemampuan siswa pada keterampilan membaca menggunakan metode pembelajaran TPS dikategorikan Sangat Baik. Dari perhitungan persentase ketuntasan siswa, diperoleh persentase nilai siswa yang lebih dari Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) sebesar 97%, kemudian nilai siswa yang kurang dari KBM sebesar 3%. Kemudian hasil tersebut dibandingkan dengan standar ketuntasan klasikal dari Depdikbud sebesar 85%.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode Think Pair Share (TPS), membaca |
Subjects: | L Education > Special Education > Language and literature education P Language and Literature > PU French Literature |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1) |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 10 Dec 2020 02:39 |
Last Modified: | 10 Dec 2020 02:39 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42006 |
Actions (login required)
View Item |