PENGEMBANGAN BUKU AJAR BIPA (LEVEL A1) BERMUATAN MULTIKULTURAL JAWA TENGAH BAGI SISWA DI SATUAN PENDIDIKAN KERJA SAMA (SPK)


Nindi Sintiya Dewi, 2101416002 (2020) PENGEMBANGAN BUKU AJAR BIPA (LEVEL A1) BERMUATAN MULTIKULTURAL JAWA TENGAH BAGI SISWA DI SATUAN PENDIDIKAN KERJA SAMA (SPK). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU AJAR BIPA (LEVEL A1) BERMUATAN MULTIKULTURAL JAWA TENGAH BAGI SISWA DI SATUAN PENDIDIKAN KERJA SAMA (SPK)]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU AJAR BIPA (LEVEL A1) BERMUATAN MULTIKULTURAL JAWA TENGAH BAGI SISWA DI SATUAN PENDIDIKAN KERJA SAMA (SPK)) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Banyaknya buku ajar BIPA yang belum sesuai dengan kriteria bahan ajar BIPA yang baik untuk digunakan dalam proses pembelajaran, dan belum tersedianya buku ajar BIPA level A1 bagi siswa di Satuan Pendidikan Kerja Sama dengan konten yang spesifik pada salah satu provinsi serta belum menonjolkan segi kebudayaan dengan menambahkan nilai muatan multikultural dalam isi buku ajarnya, sehingga perlu adanya suatu pengembangan buku ajar BIPA level A1 bermuatan multikultural Jawa Tengah bagi siswa di Satuan Pendidikan Kerja Sama (SPK). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan analisis studi pendahuluan pengembangan buku ajar BIPA (level A1) bermuatan multikultural Jawa Tengah bagi siswa di Satuan Pendidikan Kerja Sama (SPK), (2) mendeskripsikan desain prototipe pengembangan buku ajar BIPA (level A1) bermuatan multikultural Jawa Tengah bagi siswa di Satuan Pendidikan Kerja Sama (SPK), (3) mendeskripsikan hasil uji validasi terhadap prototipe pengembangan buku ajar BIPA (level A1) bermuatan multikultural Jawa Tengah bagi siswa di Satuan Pendidikan Kerja Sama (SPK), dan (4) mendeskripsikan hasil perbaikan dari ahli terhadap prototipe pengembangan buku ajar BIPA (level A1) bermuatan multikultural Jawa Tengah bagi siswa di Satuan Pendidikan Kerja Sama (SPK). Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Peneliti menggunakan lima langkah dari sepuluh langkah penelitian, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, dan (5) revisi desain. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu data kebutuhan guru Bahasa Indonesia dan data skor penilaian validator. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) angket kebutuhan pengembangan buku, (2) angket penilaian prototipe buku dan (3) pedoman wawancara. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) guru dan siswa di Satuan Pendidikan Kerja Sama (SPK) membutuhkan buku ajar BIPA (level A1) bermuatan multikultural Jawa Tengah yang kebutuhannya dikelompokkan berdasarkan aspek kebutuhan buku ajar, aspek isi atau materi, aspek penyajian materi, aspek kebahasaan, dan aspek grafika. Secara umum guru dan siswa membutuhkan buku ajar BIPA yang berisi materi dengan muatan, grafika, dan penyajian materi yang menarik dengan kebahasaan yang mudah dipahami. (2) Pengembangan buku ajar BIPA mengacu pada data kebutuhan guru dan siswa, pedoman penyusunan buku dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 tentang Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing dan Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk) dan hasil telaah pustaka. Bagian buku ajar terdiri atas bagian awal buku, bagian isi buku, dan bagian akhir buku. (3) Hasil penelitian validator terhadap buku ajar yaitu pada aspek materi atau isi mendapatkan nilai 87,5 dengan kategori sangat baik, aspek penyajian materi mendapatkan nilai 87,5 dengan kategori sangat baik, aspek bahasa dan keterbacaan mendapatkan nilai 79,15 dengan kategori sangat baik, dan aspek grafika mendapatkan nilai 82,5 dengan kategori sangat baik. Jika dikalkulasi nilai rata-rata buku ajar BIPA (level A1) bermuatan multikultural Jawa Tengah bagi siswa di SPK yaitu 84,16 dengan kategori sangat baik dari berbagai aspek. (4) Perbaikan dalam buku ajar dikelompokkan berdasarkan empat aspek, yaitu (1) aspek materi atau isi, (2) aspek penyajian, (3) aspek bahasa dan keterbacaan, dan (4) aspek grafika. Saran bagi guru di SPK hendaknya menggunakan buku ajar BIPA (level A1) bermuatan multikultural Jawa Tengah. Bagi siswa di SPK hendaknya menggunakan buku ajar BIPA (level A1) bermuatan multikultural Jawa Tengah sebagai penunjang proses pembelajaran baik di sekolah maupun di rumah. Bagi Pemerintah perlu adanya perhatian lebih terhadap ketersediaan buku ajar BIPA bagi siswa di SPK sebagai penunjang proses pembelajaran baik di sekolah maupun di rumah. Bagi Peneliti pendidikan, perlu adanya penelitian lanjutan untuk menguji dan mengetahui keefektifan buku ajar BIPA (level A1) bermuatan multikultural Jawa Tengah bagi siswa di Satuan Pendidikan Kerja Sama (SPK) sehingga akan diperoleh kritik dan saran yang membangun guna perbaikan kualitas buku yang lebih baik lagi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku ajar BIPA, multikultural, SPK
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 10 Dec 2020 02:04
Last Modified: 10 Dec 2020 02:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42002

Actions (login required)

View Item View Item