PENGEMBANGAN MULTIMEDIA LECTORA BERBASIS KONSERVASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MUATAN IPS SISWA KELAS V SDN TAMBANGAN 01 MIJEN


Rizki Rahmawati, 1401416005 (2020) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA LECTORA BERBASIS KONSERVASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MUATAN IPS SISWA KELAS V SDN TAMBANGAN 01 MIJEN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MULTIMEDIA LECTORA BERBASIS KONSERVASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MUATAN IPS SISWA KELAS V SDN TAMBANGAN 01 MIJEN]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA LECTORA BERBASIS KONSERVASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MUATAN IPS SISWA KELAS V SDN TAMBANGAN 01 MIJEN) - Published Version
Download (14MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data pra penelitian yang dilakukan di SDN Tamabangan 01 Mijen Semarang melalui observasi, angket, wawancara dan dokumentasi, terdapat permasalahan dalam pembelajaran IPS terkait dengan keterbatasan media pembelajaran yang kurang inovatif dan minimnya pemanfaatan fasilitas elektronik yang disediakan sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana desain pengembangan, kelayakan, dan keefektifan multimedia lectora berbasis konservasi untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Tambangan 01 Mijen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji cara mengembangkan multimedia lectora berbasis konservasi serta menguji kelayakan dan keefektifan multimedia lectora berbasis konservasi. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono dengan 8 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; 4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Populasi pelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Tambangan 01 Mijen yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes, angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal uji t dan uji gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa multimedia lectora berbasis konservasi sangat layak digunakan dengan persentase kelayakan penyajian oleh ahli media sebesar 96,875%, kelayakan isi oleh ahli materi sebesar 93,75% dan kelayakan bahasa oleh ahli bahasa sebesar 95,3125%. Efektifitas multimedia lectora berbasis konservasi ditunjukkan oleh hasil uji perbedaan rata-rata menggunakan uji t diperoleh nilai sig. (2-failed) sebesar 0,000 < 0,050 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest. Peningkatan rata-rata (N-gain) data pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,404 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah multimedia lectora berbasis konservasi layak dan efektif digunakan pada pembelajaran muatan IPS materi interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan multimedia lectora berbasis konservasi pada muatan pembelajaran lainnya dengan memperbaiki tampilan desain dan menambah referensi untuk memperdalam pembahasan materi dalam multimedia

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Lectora; IPS; Konservasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 10 Dec 2020 01:50
Last Modified: 10 Dec 2020 01:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42000

Actions (login required)

View Item View Item