KEEFEKTIFAN MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN GUGUS HASANUDDIN KECAMATAN KLIRONG KABUPATEN KEBUMEN


Ika Yuli Prihartanti, 1401415392 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN GUGUS HASANUDDIN KECAMATAN KLIRONG KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN GUGUS HASANUDDIN KECAMATAN KLIRONG KABUPATEN KEBUMEN]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN GUGUS HASANUDDIN KECAMATAN KLIRONG KABUPATEN KEBUMEN) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran IPA di SDN Gugus SDN Gugus Hasanuddin masih bersifat teacher centered guru belum mengarahkan siswa untuk menemukan konsep pengetahuannya sendiri dan hasil belajar IPA belum mencapai ketuntasan belajar 75%. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Gugus Hasanuddin Kecamatan Klirong Kabupaten Kebumen dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental (eksperimen semu) dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Klegenrejo sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SDN 2 Gebangsari sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik non tes yang meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tes hasil belajar yang digunakan berupa pretest dan posttest dengan bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data yaitu uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, dan analisis data akhir. Pada analisis data akhir atau pengjian hipotesis penelitian digunakan uji t-tes dan uji gain. Hasil uji t menunjukkan thitung > ttabel (2,147 > 1,680), artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hal ini didukung oleh hasil uji N-Gain yang menunjukkan peningkatan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 0,66 > 0,42 dan kedua sampel penelitian pada kriteria nilai N-Gain sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, model Group Investigayion efektif diterapkan dalam pembelajaran IPA materi Sifat-sifat Cahaya pada siswa kelas IV SDN Gugus Hasanuddin Kecamatan Klirong Kabupaten Kebumen dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Saran yang dapat disampaikan kepada guru, sebaiknya dalam pembelajaran, guru menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran, agar siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, IPA, keefektifan, model group investigation,
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 10 Dec 2020 01:47
Last Modified: 10 Dec 2020 01:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41999

Actions (login required)

View Item View Item