MUATAN NILAI PENDIDIKAN PERDAMAIAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMK NEGERI 4 SEMARANG


Sharfina Aulia Puspasari, 1102416003 (2020) MUATAN NILAI PENDIDIKAN PERDAMAIAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMK NEGERI 4 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of MUATAN NILAI PENDIDIKAN PERDAMAIAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMK NEGERI 4 SEMARANG]
Preview
PDF (MUATAN NILAI PENDIDIKAN PERDAMAIAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMK NEGERI 4 SEMARANG) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan perantara yang tepat untuk menumbuhkan bermacam sikap yang mendukung tercapainya perdamaian. Proses pembelajaran dan materi termuat yang sesuai menjadi bagian dalam menyampaikan nilai pendidikan perdamaian kepada siswa. Ketersesuain antara materi pendidikan perdamiaan yang termuat dalam proses pembelajaran mata pelajaran Pendidikan kewarganegaraan yang dilaksanakan SMK Negeri 4 Semarang menggunakan kurikulum 2013 sejalan dengan tujuan pendidikan perdamaian itu sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan proses pembelajaran Pendidikan Perdamaian yang termuat dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam mengurai pelbagai konflik yang melibatkan pelajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumen. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran PKn dan peserta didik kelas XI TITL 2 tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: 1) Penyusunan respon tugas oleh guru terlihat dari peserta didik yang telah mampu menyusun kesimpulan dan membangun pengetahuan mereka sendiri melalui diskusi kelompok serta kajian pustaka dari beberapa sumber belajar dan pengamatan lingkungan sekitar. 2) Kedalaman penguasaan materi terlihat dari peserta didik yang mampu menjelaskan kepada orang lain konsep yang ia pahami menggunakan kalimatnya sendiri dan mengemukakan gagasan pribadinya. 3) Proses implementasi pendidikan perdamaian dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK N 4 Semarang mengacu pada kurikulum 2013 revisi yang tertuang dalam RPP dan silabus yang menjadi sumber acuan guru pada proses pembelajaran. 4) Masih terdapat kendala dalam proses pembelajaran seperti komitmen siswa yang belum sepenuhnya tercurah dalam proses pembelajaran. Kendala tersebut dapat menjadi bahan evaluasi dalam perbaikan proses pembelajaran selanjutnya. Simpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa muatan nilai pendidikan perdamaian pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembelajaran di SMK N 4 Semarang sudah berjalan dengan baik meskipun masih terdapat beberapa kendala dalam prosesnya. Alangkah baiknya setiap warga sekolah tetap menjaga komitmen selama proses pembelajaran sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan sebelumnya oleh pihak sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nilai, Pendidikan Perdamaian, Pendidikan Kewarganegaraan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 10 Dec 2020 01:39
Last Modified: 10 Dec 2020 01:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41996

Actions (login required)

View Item View Item