PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KEPRIBADIAN PADA ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR MELALUI KOMITMEN ORGANISASIONAL (Studi pada Karyawan Bagian Produksi PT Timatex Salatiga)


Khusnul Ma Isyah, 7311416190 (2020) PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KEPRIBADIAN PADA ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR MELALUI KOMITMEN ORGANISASIONAL (Studi pada Karyawan Bagian Produksi PT Timatex Salatiga). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311416190.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam era globaliasai seperti sekarang ini, organisasi dituntut untuk bertahan dengan melakukan penyesuaian dalam semua segi yang ada pada organisasi. Strategi dan manajemen terutama bidang sumber daya manusia menjadi faktor utama. Dalam kondisi perusahaan yang sedang melakukan perubahan, OCB menjadi salah satu isu yang menarik untuk diteliti. Berbagai cara untuk meningkatkan perilaku OCB telah dilakukan, namun masih banyak karyawan yang belum sepenuhnya memperlihatkan perilaku OCB. Beberapa faktor yang dapat membantu tercapainya OCB adalah kepuasan kerja, kepribadian dan komitmen organisasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja dan kepribadian pada organizational citizenship behavior (OCB) melalui komitmen organisasional sebagai mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan bagian produksi PT Timatex Salatiga yang berjumlah 272 karyawan. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Probability Sampling dimana sampling yang digunakan adalah random sampling. Metode yang digunakan dalam proses pengumpulan data adalah metode kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis regresi dan analisis jalur dengan menggunakan perangkat lunak SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan kerja dan kepribadian berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional. Kepuasan kerja, kepribadian dan komitmen organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB. Sedangkan pada pengaruh mediasi, komitmen organisasional mampu memediasi pengaruh kepuasan kerja terhadap OCB, serta mampu memediasi pengaruh kepribadian terhadap OCB. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kepuasan kerja dan kepribadian berpengaruh positif dan signifikan pada komitmen organisasional. Kepuasan kerja, kepribadian dan komitmen organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB, serta komitmen organizational mampu memediasi hubungan antara kepuasan kerja dan kepribadian pada OCB. Saran dari penelitian ini yaitu hendaknya perusahaan mampu mengembangkan lagi kebijakan yang mendorong karyawan agar lebih bersemangat untuk berkontribusi pada organisasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Kerja, Kepribadian, Komitmen Organisasional dan Organizational Citizenship Behavior
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HM Sociology
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 08 Dec 2020 08:33
Last Modified: 08 Dec 2020 08:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41994

Actions (login required)

View Item View Item