PENGARUH KOMPETENSI PENGETAHUAN PEMASARAN DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KAPABILITAS PEMASARAN (Studi Pada Industri Kecil dan Menengah Tahu di Kota Magelang)


ASLAMA ODILAK MA’ARIF, 7311416184 (2020) PENGARUH KOMPETENSI PENGETAHUAN PEMASARAN DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KAPABILITAS PEMASARAN (Studi Pada Industri Kecil dan Menengah Tahu di Kota Magelang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311416184.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Industri Kecil dan Menengah menjadi Industri terbesar di Indonesia yang mempunyai peran penting dalam perekonomian Indonesia karena dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan sumber penciptaan wirausaha baru. Industri kecil dan menengah diharapkan lebih kreatif dan mempersiapkan strategi pemasaran guna menghadapi perubahan lingkungan bisnis yang semakin kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kompetensi pengetahuan pemasaran, orientasi kewirausahaan, dan kapabilitas pemasaran terhadap kinerja pemasaran pada IKM Tahu Kota Magelang. Populasi pada penelitian ini adalah IKM Tahu di Kota Magelang. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 94 IKM dengan menggunakan dengan menggunakan metode sampling jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Pengujian instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan path analysis dengan bantuan program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kompetensi pengetahuan pemasaran, orientasi kewirausahaan, dan kapabilitas pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil uji path analysis menunjukkan bahwa kapabilitas pemasaran dapat memediasi kompetensi pengetahuan pemasaran dan orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Simpulan dari penelitian ini adalah kompetensi pengetahuan pemasaran dan orientasi kewirausahaan mampu meningkatkan kinerja pemasaran. Kapabilitas pemasaran juga mampu memediasi pengaruh variabel kompetensi pengetahuan pemasaran dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran. Saran yang diberikan adalah sebaiknya pelaku IKM Tahu lebih gencar melakukan inovasi produk tahu, melakukan promosi, memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan dan dapat menjaga kualitas tahu. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk menambah referensi terkait dengan kompetensi pengetahuan pemasaran dan memperluas ruang lingkup objek.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pengetahuan Pemasaran, Orientasi Kewirausahaan, Kapabilitas Pemasaran, Kinerja Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 08 Dec 2020 08:29
Last Modified: 08 Dec 2020 08:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41993

Actions (login required)

View Item View Item