PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI PEMBELAJARAN, DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING (Studi Pada UMKM di Komunitas Bisnis Tangan Di Atas (TDA) Tangerang Raya)


Aufaa Afiffah Ainii, 7311416179 (2020) PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI PEMBELAJARAN, DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING (Studi Pada UMKM di Komunitas Bisnis Tangan Di Atas (TDA) Tangerang Raya). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311416179.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memegang peran penting dalam perekonomian Indonesia. UMKM memberikan kontribusi yang cukup besar dalam kegiatan usahanya. Dengan berkembangnya dunia bisnis sekarang khususnya sektor UMKM, pesaing pun semakin banyak dan tidak dapat dihindari. Hal tersebut membuat pelaku UMKM dituntut untuk dapat dengan cepat memahami apa yang terjadi dan apa yang dibutuhkan oleh pasar. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh orientasi pasar, orientasi pembelajaran, dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing pada UMKM di Komunitas Bisnis Tangan Di Atas (TDA) Tangerang Raya. Populasi pada penelitian ini adalah pelaku UMKM di Komunitas Bisnis Tangan Di Atas (TDA) Tangerang Raya. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 100 pelaku UMKM dengan metode stratified random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) melalui program IBM SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel orientasi pasar, orientasi pembelajaran, dan orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil uji path analysis menunjukkan bahwa keunggulan bersaing dapat memediasi orientasi pasar, orientasi pembelajaran, dan orientasi kewirausahaan memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Simpulan dari penelitian ini adalah orientasi pasar, orientasi pembelajaran, dan orientasi kewirausahaan mampu meningkatkan kinerja pemasaran. Keunggulan bersaing juga mampu memediasi pengaruh orientasi pasar, orientasi pembelajaran, dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran. Diharapkan bagi pelaku UMKM di Komunitas Bisnis Tangan Di Atas (TDA) Tangerang Raya meningkatkan respon terhadap tindakan pesaing, meningkatkan keterbukaan pikiran, lebih proaktif dalam menanggapi peluang pasar, dan perlu meningkatkan strategi diferensiasi. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan menambah referensi orientasi pembelajaran dan menambah variabel berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Pemasaaran, Keunggulan Bersaing, Orientasi Pasar, Orientasi Pembelajaran, Orientasi Kewirausahaan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 08 Dec 2020 08:20
Last Modified: 08 Dec 2020 08:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41991

Actions (login required)

View Item View Item