PENGARUH KEPEMIMPINAN SPIRITUAL DAN KUALITAS KEHIDUPAN KERJA PADA KINERJA MELALUI KOMITMEN ORGANISASIONAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Karyawan Hotel Wimarion Semarang)


Nurluviyana, 7311416165 (2020) PENGARUH KEPEMIMPINAN SPIRITUAL DAN KUALITAS KEHIDUPAN KERJA PADA KINERJA MELALUI KOMITMEN ORGANISASIONAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Karyawan Hotel Wimarion Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311416165.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Era globalisasi melanda berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk ekonomi serta membawa peluang sekaligus tantangan bagi perusahaan global maupun lokal. Manusia menjadi salah satu faktor paling penting dalam meningkatkan kinerja perusahaan. Namun, banyak perusahaan yang terlalu fokus pada teknologi dan sistem sehingga mengabaikan fakta bahwa sumber daya manusia yang menggerakkan teknologi dan sistem. Untuk mengetahui tingkat kinerja, penelitian ini menggunakan kepemimpinan spiritual, kualitas kehidupan kerja dan komitmen organisasional untuk menguji pengaruh langsung dan tidak langsung terhadap kinerja karyawan Hotel Wimarion Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah 70 karyawan Hotel Wimarion Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan kuesioner. Analisi data menggunakan analisis deskriptif persentase, uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis jalur dan uji Sobel dengan menggunakan progam SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan spiritual dapat meningkatkan komitmen organisasional dengan nilai t hitung 3,771 dan nilai signifikansi 0,000<0,005. Kualitas kehidupan kerja dapat meningkatkan komitmen organisasional dengan nilai t hitung 6,004 dan nilai signifikansi 0,000<0,005. Kepemimpinan spiritual dapat meningkatkan kinerja dengan hasil t hitung 2,397 dan nilai signifikansi 0,019<0,05. Kualitas kehidupan kerja dapat meningkatkan kinerja dengan hasil t hitung 6,217 dan nilai signifikansi 0,000<0,05. Komitmen organisasional dapat meningkatkan kinerja dengan hasil nilai t hitung 4,229 dan nilai signifikansi 0,000<0,05. Komitmen organisasional memediasi pengaruh kepemimpinan spiritual (t hitung = 2,239361 > t tabel = 1,9686). Serta komitmen organisasional memediasi pengaruh kualitas kehidupan kerja terhadap kinerja (t hitung = 2,85>t tabel = 1,9686). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kepemimpinan spiritual dan kualitas kehidupan kerja dapat meningkatkan komitmen organisasional, kepemimpinan spiritual, kualitas kehidupan kerja dan komitmen organisasional mampu meningkatkan kinerja, serta komitmen organisasional terbukti mampu memediasi pengaruh kepemimpinan spiritual dan kualitas kehidupan kerja terhadap kinerja. Saran dari penelitian ini yaitu hendaknya pemimpin menumbuhkan kepercayaan terhadap karyawan dan mendorong karyawan untuk mengembangkan potensinya, pihak manajemen dapat memperbaiki fasilitas karyawan serta menambah kegiatan bersama yang mengikutsertakan seluruh karyawan untuk menumbuhkan rasa kekeluargaan dan kepemilikan dalam hotel.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 08 Dec 2020 08:14
Last Modified: 08 Dec 2020 08:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41990

Actions (login required)

View Item View Item