PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN SALES PROMOTION PADA PEMBELIAN IMPULSIF DENGAN POSITIVE EMOTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Konsumen Giant Extra Siliwangi di Semarang)


Agustina Tri Lindasari, 7311416070 (2020) PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN SALES PROMOTION PADA PEMBELIAN IMPULSIF DENGAN POSITIVE EMOTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Konsumen Giant Extra Siliwangi di Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311416070.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelian impulsif merupakan pembelian diluar daftar rencana belanja yang didorong oleh rasa emosi dan terjadi secara tiba-tiba. Peritel perlu merencanakan agar konsumen tertarik untuk melakukan pembelian impulsif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh store atmosphere dan sales promotion terhadap pembelian impulsif dnegan positive emotion sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang lebih dari satu kali berbelanja di Giant Extra Siliwangi Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan incidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 116 responden. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data yaitu path analysis dengan SPSS for Windows versi 23. Hasil penelitian diperoleh hasil bahwa store atmosphere tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsif, sales promotion berpengaruh positif terhadap pembelian impulsif, positive emotion berpengaruh positif terhadap pembelian impulsif, serta positive emotion mampu bertindak sebagai variabel intervening. Dimana variabel store atmosphere dan sales promotion berpengaruh terhadap pembelian impulsif melalui positive emotion. Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian yaitu store atmosphere tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsif yang artinya bahwa store atmosphere yang dibuat oleh Giant Extra Siliwangi tidak dapat mempengaruhi pembelian impulsif konsumen. Sales promotion dan positive emotion berpengaruh positif terhadap pembelian impulsif yang berarti semakin tinggi sales promotion dan positive emotion maka akan meningkatkan pembelian impulsif. Store atmosphere dan sales promotion berpengaruh terhadap pembelian impulsif melalui positive emotion dapat diartikan bahwa semakin baik positive emotion konsumen maka konsumen akan meningkatkan ketertarikan konsumen terhadap store atmosphere dan sales promotion sehingga dapat meningkatkan pembelian impulsif. Saran untuk manajemen Giant Extra Siliwangi yaitu mengadakan contest dan program price pack sesering mungkin serta diiringi dengan penawaran-penawaran yang menarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelian Impulsif, Store Atmosphere, Sales Promotion, Positive Emotion
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 03 Dec 2020 08:02
Last Modified: 03 Dec 2020 08:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41974

Actions (login required)

View Item View Item