KEEFEKTIFAN MEDIA PREZI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI LANGGEN KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL


Khusnul Khotimah, 1401416327 (2020) KEEFEKTIFAN MEDIA PREZI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI LANGGEN KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MEDIA PREZI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI LANGGEN  KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MEDIA PREZI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI LANGGEN KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Khotimah, Khusnul. 2020. Keefektifan Media Prezi terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Negeri Langgen Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Sarjana Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Drs. Yuli Witanto, M.Pd.336 Kata Kunci: Hasil Belajar; Prezi; Motivasi Belajar Salah satau permasalahan pada proses pembelajaran matematika adalah guru yang masih kurang inovatif dalam melaksanakan pembelajaran sehingga siswa merasakan bosan dan kurang tertarik pada pelajaran matematika. Agar pembelajaran matematika dapat terlaksana dengan baik, maka penggunaan media dalam pembelajaran adalah solusinya. Media prezi dapat digunakan dalam pembelajaran matematika karena dalam penggunaan media prezi dapat meningkatkan motivasi dalam belajar siswa sehingga dapat belajar dengan aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan media prezi terhadap motivasi dan hasil belajar pada siswa kelas V SD Negeri Langgen Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk non-equivalent control group. Populasinya yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri Langgen Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Sampel pada penelitian ini menggunakan sampling jenuh berjumlah 51 siswa, terdiri dari 25 siswa kelas eksperimen dan 26 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Analisis statistik yang digunakan yaitu Cronbach’s Alpha untuk menguji validitas empiris dan reliabilitas instrumen. Uji normalitas data menggunakan Lilliefors, uji homogenitas menggunakan Levene, uji hipotesis menggunakan independent sample t-test dan one sample t-test. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test, data motivasi belajar menunjukkan thitung > ttabel (3,971 > 2,010) dan signifikansi 0,000 < 0,05. Data hasil belajar menunjukkan thitung > ttabel (4,497 > 2,010) dan signifikansi 0,000 < 0,05, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar matematika antara pembelajaran media prezi dengan pembelajaran media gambar. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji one sample t-test data motivasi belajar menunjukkan thitung > ttabel (5,940 > 1,710). Hasil uji hipotesis hasil belajar menunjukkan thitung > ttabel (6,117 > 1,710). Penghitungan motivasi belajar lebih baik menggunakan rumus empiris menunjukkan bahwa selisih nilai rata-rata kelas eksperimen > kelas kontrol (7,02 > 6,5). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media prezi efektif digunakan dalam pembelajaran matematika materi penyajian data tunggal pada siswa kelas V. Media prezi ini sebaiknya dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran sebagai alat bantu untuk menyampaikan materi pembelajaran karena media prezi sudah terbukti efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hasil Belajar; Prezi; Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 03 Dec 2020 05:38
Last Modified: 03 Dec 2020 05:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41969

Actions (login required)

View Item View Item