PELAKSANAAN MANAJEMEN KELAS SD NEGERI KALIBANTENG KIDUL 02 KECAMATAN SEMARANG BARAT KOTA SEMARANG


Luthfiyah Anggun Khairunnisa, 1401416223 (2020) PELAKSANAAN MANAJEMEN KELAS SD NEGERI KALIBANTENG KIDUL 02 KECAMATAN SEMARANG BARAT KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PELAKSANAAN MANAJEMEN KELAS SD NEGERI KALIBANTENG KIDUL 02 KECAMATAN SEMARANG BARAT KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PELAKSANAAN MANAJEMEN KELAS SD NEGERI KALIBANTENG KIDUL 02 KECAMATAN SEMARANG BARAT KOTA SEMARANG)
Download (920kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Luthfiyah Anggun K.2020.Pelaksanaan Manajemen Kelas SD Negeri Kalibanteng Kidul 02 Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang. Sarjana Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I : Dra Sri Sami Asih, M.Kes. 183 halaman. Terdapat permasalahan yang dihadapi guru dalam melaksanakan kegiatan manajemen kelas yaitu adanya peserta didik yang memerlukan bimbingan khusus, ramai dan tidak disipli serta formasi tempat duduk yang kurang bervariasi. Dengan penelitian ini diharapakan dapat memberi penyelesaian terkait permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen kelas di SD Negeri Kalibanteng Kidul 02 Semarang. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru kelas II, guru kkelas III,guru kelas IV, guru kelas V dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, catatan lapangan, angket dan dokumentasi dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi,pedoman wawancara, form catatan lapangan dan angket. Pengujian keabsahan data menggunakan uji credibility dan uji confirmability. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang meliputi : data collection, data reduction, data display, dan conclusing drawing and verifying. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah memahami tentang pentingnya pelaksanaan manajemen kelas. Hal tersebut di buktikan dengan penerapan berbagai aspek dari manajemen kelas. Guru kelas II, III, IV dan V dalam pelaksanaanya telah menerapkan tiga kegiatan inti yaitu menciptakan iklim belajar mengajar yang tepat, mengatur ruang belajar dan mengeola interaksi belajar. Dari hasil penelitian hambatan yang dihadapi guru dalam pelaksanaan manajemen kelas meliputi adanya peserta didik yang memerlukan bimbingan khusus, tugas guru diluar tugas akademik juga sangat mengganggu guru dalam melaksanakan manajemen kelas. Sedangkan faktor pendukung yang mendukung terlaksanya manajemen kelas meliputi faktor lingkungan dan faktor peserta didik.. Simpulan penelitian bahwa secara keseluruhan guru di SD Negeri Kalibanteng Kidul 02 Semarang telah melaksanakan manajemen kelas dengan memperhatikan aspek manajemen kelas yang meliputi menciptakan iklim belajar, mengatur ruang belajar dan mengelola interaksi belajar mengajar.Guru hendaknya meningkatkan intensitas dalam melakukan perubahan formasi tempat duduk peserta didik dan variasi pembelajaran. Kata kunci : manajemen kelas, guru, peserta didik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : manajemen kelas, guru, peserta didik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 03 Dec 2020 05:24
Last Modified: 03 Dec 2020 05:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41967

Actions (login required)

View Item View Item