PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD ISLAM IMAMA MIJEN KOTA SEMARANG


Intan Ayu Agustina, 1401416194 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD ISLAM IMAMA MIJEN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD ISLAM IMAMA MIJEN KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD ISLAM IMAMA MIJEN KOTA SEMARANG)
Download (954kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Agustina, Intan Ayu. 2020. Pengembangan Media Komik Edukatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Islam Imama Mijen Kota Semarang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Dra. Hartati, M.Pd. 234 halaman. Media yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia masih kurang optimal. Hal ini menjadi salah satu penyebab rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa. Maka perlu adanya inovasi media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media komik edukatif serta melihat keefektifan media tersebut terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan The one group pretest-postest design. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VA SD Islam Imama tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji normalitas, uji-t, dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai posttest lebih baik dibandingkan dengan nilai pretest. Pengaruh penggunaan media komik dalam pembelajaran dapat dilihat dari perhitungan perbedaan rata-rata dengan thitung -22,0334 kurang dari ttabel -2,0106. Besar peningkatan hasil pretest dan posttest berdasarkan uji N-gain sebesar 0,72 dan termasuk dalam kategori tinggi. Hasil analisis angket tanggapan siswa terhadap media pembelajaran menunjukan bahwa siswa memberikan respon yang positif mengenai media pembelajaran yang diterapkan. Hasil ini menunjukan penggunaan media pembelajaran Komik Edukatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Komik Edukatif, Membaca Pemahaman

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Komik Edukatif, Membaca Pemahaman
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 03 Dec 2020 04:52
Last Modified: 03 Dec 2020 04:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41964

Actions (login required)

View Item View Item