PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD MENGGUNAKAN TEKNIK AKROSTIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 TUNGGAK


Aprilyana Sari, 1401416184 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD MENGGUNAKAN TEKNIK AKROSTIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 TUNGGAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD MENGGUNAKAN TEKNIK AKROSTIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 TUNGGAK]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD MENGGUNAKAN TEKNIK AKROSTIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 TUNGGAK)
Download (879kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Sari, Aprilyana. 2020. Pengembangan Media Flashcard Menggunakan Teknik Akrostik untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Tunggak. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Dra. Hartati, M.Pd. 126 halaman. Keterampilan menulis puisi adalah keterampilan sastra yang harus dicapai siswa dengan tekun berlatih sehingga dapat mengubah ide dan gagasannya menjadi karya puisi. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis puisi siswa Kelas IV SD Negeri 1 Tunggak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, serta menguji kelayakan dan keefektifan media “Flashcard untuk Menulis Puisi Akrostik”. Jenis penelitian adalah Penelitian dan Pengembangan dengan model ADDIE. Prosedur penelitian yaitu analyze, design, development, implementation dan evaluation. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas IV SD Negeri 1 Tunggak. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, angket dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal, uji hipotesis, dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan media “Flashcard untuk Menulis Puisi Akrostik” sangat layak digunakan dengan presentase rata-rata penilaian ahli materi 86,63% dan ahli media 90,21%. Terdapat peningkatan rata-rata nilai siswa sebanyak 72%, hasil perhitungan N-Gain sebesar 0,559107 dengan kriteria sedang, dan hasil uji perbedaan rata-rata menunjukkan bahwa data sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, sehingga disimpulkan bahwa rata-rata nilai antara pretest dan posttest mengalami perubahan signifikan. Simpulan penelitian: media “Flashcard untuk Menulis Puisi Akrostik” layak dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran materi puisi oleh siswa Kelas IV SD Negeri 1 Tunggak. Saran penelitian selanjutnya: lebih teliti dalam perencanaan pengembangan media flashcard, sebaiknya dikembangkan sesuai kebutuhan serta karakteristik siswa. Kata kunci: flashcard; teknik akrostik; puisi; keterampilan menulis

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: flashcard; teknik akrostik; puisi; keterampilan menulis
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 03 Dec 2020 04:47
Last Modified: 03 Dec 2020 04:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41963

Actions (login required)

View Item View Item