PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LIFT THE FLAP BOOK BERBASIS MULTIKULTURAL DALAM MUATAN PEMBELAJARAN IPS MATERI KEBUDAYAAN PROVINSI DI PULAU JAWA KELAS IV SDN GEMAH SEMARANG


Errina Suryaningrum, 1401416154 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LIFT THE FLAP BOOK BERBASIS MULTIKULTURAL DALAM MUATAN PEMBELAJARAN IPS MATERI KEBUDAYAAN PROVINSI DI PULAU JAWA KELAS IV SDN GEMAH SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LIFT THE FLAP BOOK BERBASIS MULTIKULTURAL DALAM MUATAN PEMBELAJARAN IPS MATERI KEBUDAYAAN PROVINSI DI PULAU JAWA KELAS IV SDN GEMAH SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LIFT THE FLAP BOOK BERBASIS MULTIKULTURAL DALAM MUATAN PEMBELAJARAN IPS MATERI KEBUDAYAAN PROVINSI DI PULAU JAWA KELAS IV SDN GEMAH SEMARANG)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Suryaningrum, Errina, 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Lift the Flap Book Berbasis Multikultural Dalam Muatan Pembelajaran IPS Materi Kebudayaan Provinsi di Pulau Jawa Kelas IV SDN Gemah Semarang, Sarjana Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Pembimbing Novi Setyasto, S.Pd., M.Pd. 163 halaman. Berdasarkan data pra penelitian yang dilakukan di SDN Gemah Semarang dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi didapatkan permasalahan dalam pembelajaran IPS diantaranya hasil belajar IPS siswa rendah karena keterbatasan media pembelajaran dan sumber belajar hanya menggunakan buku siswa. Maka dari itu, peneliti ingin mengembangkan media pembelajaran lift the flap book berbasis multikultural. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana desain, kelayakan dan keefektifan media pembelajaran lift the flap book berbasis multikultural. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan desain, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media pembelajaran lift the flap book berbasis multikultural. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Dengan menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang diadaptasi Sugiyono yang meliputi 10 langkah, tetapi dalam penelitian ini peneliti hanya melakukan 8 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi produk; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Subjek penelitian adalah 41 siswa kelas IV SDN Gemah Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data produk, analisis data awal yaitu uji normalitas dan analisis data akhir yaitu T-Test dan N-Gain. Media pembelajaran lift the flap book berbasis multikultural mendapatkan persentase kelayakan penyajian dari ahli media sebesar 93,75% dengan kriteria sangat layak dan kelayakan isi dari ahli materi sebesar 89,0625% dengan kriteria sangat layak. Sementara keefektifan media pembelajaran lift the flap book berbasis multikultural ditunjukkan dari hasil uji normalitas pretest sebesar 0,225 dan posttest sebesar 0,111. Terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest dengan hasil uji perbedaan rata-rata sebesar 0,000 < 0,050. Hasil uji peningkatan rata-rata nilai pretest dan posttest mendapatkan hasil 0,3262 dengan kriteria sedang. Simpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran lift the flap book berbasis multikultural layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran IPS materi keragaman budaya di Pulau Jawa. Saran untuk penelitian selanjutnya bisa mengembangkan media pembelajaran lift the flap book berbasis multikultural pada muatan pembelajaran lainnya dengan memperbaiki tampilan desain dan melengkapi komponen yang ada di dalam media. Kata Kunci: berbasis multikultural, IPS, media pembelajaran lift the flap book

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: berbasis multikultural, IPS, media pembelajaran lift the flap book
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 03 Dec 2020 04:39
Last Modified: 03 Dec 2020 04:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41961

Actions (login required)

View Item View Item