PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA BERBANTUAN FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN MANGKANG KULON 02 SEMARANG
Tiarawati, 1401416095 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA BERBANTUAN FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN MANGKANG KULON 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA BERBANTUAN FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN MANGKANG KULON 02 SEMARANG)
Download (854kB) | Preview |
Abstract
Tiarawati. 2020. Pengembangan Media Ular Tangga Berbantuan Flashcard untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Bahasa Indonesia Kelas IV SDN Mangkang Kulon 02 Semarang. Sarjana Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Drs. Sukardi, S.Pd., M.Pd.. 125 halaman. Keterampilan menulis tidak dapat muncul dengan sendirinya, tetapi harus dengan memperbanyak praktik dan latihan secara teratur. Keterampilan tersebut dapat dilatih dengan bantuan media pembelajaran. Media pembelajaran dapat memperjelas materi dan bahan pengajaran sehingga menjadikan siswa lebih mudah mengingat dan memahami materi yang disampaikan. Berdasarkan hasil observasi awal di kelas IV SDN Mangkang Kulon 02, menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran masih terbatas dan siswa cenderung pasif ketika mengikuti pembelajaran, serta keterampilan menulis siswa rendah. Sehingga diperlukan pengembangan media ular tangga berbantuan flashcard pada materi menulis deskripsi bahasa Indonesia kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media ular tangga berbantuan flashcard, serta untuk menguji kelayakan dan keefektifan media ular tangga berbantuan flashcard dalam meningkatkan keterampilan menulis deskripsi muatan pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SDN Mangkang Kulon 02 Kota Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dan mengacu pada model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Mangkang Kulon 02. Penelitian ini terdiri dari dua variabel bebas yaitu media ular tangga dan media flashcard, serta satu variabel terikat yaitu keterampilan menulis deskripsi muatan pelajaran bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket atau kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji-t, dan n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media ular tangga berbantuan flashcard dapat digunakan pada pembelajaran berdasarkan penilaian dari validator ahli. Dari ahli media sebesar 94% dan dari ahli materi sebesar 97% dengan kategori sangat layak. Sedangkan hasil uji-t menunjukkan adanya perbedaan secara signifikan pada rata-rata hasil belajar ranah keterampilan siswa sebelum dan sesudah menggunakan media dengan thitung lebih dari ttabel yaitu 10,23 > 2,011 dan pada uji n-gain didapatkan hasil perhitungan sebesar 0,562 dengan selisih rata-rata sebesar 25,4 dan termasuk dalam kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media ular tangga berbantuan flashcard yang dikembangkan layak dan efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis deskripsi bahasa Indonesia pada siswa kelas IV. Saran penelitian ini yaitu media ular tangga berbantuan flashcard yang dikembangkan dapat digunakan guru sebagai media pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar ranah keterampilan siswa. Kata Kunci: flashcard; menulis deskripsi; ular tangga
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: flashcard; menulis deskripsi; ular tangga |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Cooperative Learning L Education > L Education (General) > Learning Model L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 03 Dec 2020 04:32 |
Last Modified: | 03 Dec 2020 04:32 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41960 |
Actions (login required)
View Item |