PENGARUH PEMANFAATAN SARANA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DAN PARTISIPASI AKTIF SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN SE-DABIN V KECAMATAN BREBES


Annisa Mutiara Pertiwi, 1401416093 (2020) PENGARUH PEMANFAATAN SARANA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DAN PARTISIPASI AKTIF SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN SE-DABIN V KECAMATAN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PEMANFAATAN SARANA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DAN PARTISIPASI AKTIF SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN SE-DABIN V KECAMATAN BREBES]
Preview
PDF (PENGARUH PEMANFAATAN SARANA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DAN PARTISIPASI AKTIF SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN SE-DABIN V KECAMATAN BREBES)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Pertiwi, Annisa Mutiara. 2020. Pengaruh Pemanfaatan Sarana Pembelajaran di Sekolah dan Partisipasi Aktif Siswa terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Se-Dabin V Kecamatan Brebes. Skripsi. Sarjana Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Drs. Akhmad Junaedi, M.Pd. 279. Kata Kunci: Hasil belajar IPS, pemanfaatan sarana pembelajaran, dan partisipasi aktif siswa Pembelajaran di sekolah dikatakan berhasil dapat dilihat dari hasil belajar yang didapatkan siswa selama mengikuti proses pembelajaran. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya yaitu pemanfaatan sarana pembelajaran di sekoah dan partisipasi aktif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemanfaatan sarana pembelajaran di sekolah dan partisipasi aktif siswa terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN se-Dabin V Kecamatan Brebes. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 154 siswa sekolah dasar. Variabel pada penelitian ini meliputi pemanfaatan sarana pembelajaran (X1), partisipasi aktif siswa (X2), dan hasil belajar IPS (Y). Pengambilan sampel menggunakan teknik Probability Sampling tipe Proportional Random Sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%, diperoleh sampel sebanyak 111 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, dan angket. Penelitian ini telah memenuhi uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi ganda, analisis regresi ganda, analisis koefisien determinasi (R2), dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (Uji F). Hasil penghitungan statistik, menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan pemanfaatan sarana pembelajaran di sekolah terhadap hasil belajar IPS siswa yang dibuktikan dengan perolehan thitung> ttabel (2,266 > 1,982), besar pengaruh yang diberikan yaitu 4,5%; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan partisipasi aktif siswa terhadap hasil belajar IPS siswa yang dibuktikan dengan perolehan thitung> ttabel (3,717 > 1,982), besar pengaruh yang diberikan yaitu 11,2%; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pemanfaatan sarana pembelajaran di sekolah dan partisipasi aktif siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS siswa yang dibuktikan dengan perolehan Fhitung > Ftabel (9,165 > 3,080), Nilai korelasi ganda sebesar 0,381 yang berada antara 0,20 – 0,399, sehingga dapat dinyatakan bahwa korelasi antara variabel pemanfaatan sarana pembelajaran di sekolah dan partisipasi aktif siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS tergolong “rendah”.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hasil belajar IPS, pemanfaatan sarana pembelajaran, dan partisipasi aktif siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 03 Dec 2020 04:26
Last Modified: 03 Dec 2020 04:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41958

Actions (login required)

View Item View Item