KEEFEKTIFAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA VIDEO PADA HASIL BELAJAR MUPEL IPA SISWA KELAS IV SDN GUGUS PATIMURA


Hana Wulandari, 1401416087 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA VIDEO PADA HASIL BELAJAR MUPEL IPA SISWA KELAS IV SDN GUGUS PATIMURA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA VIDEO PADA HASIL BELAJAR MUPEL IPA SISWA KELAS IV SDN GUGUS PATIMURA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA VIDEO PADA HASIL BELAJAR MUPEL IPA SISWA KELAS IV SDN GUGUS PATIMURA)
Download (885kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Wulandari, Hana. 2020. Keefektifan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tounament Berbantuan Media Video Pada Hasil Belajar Mupel IPA Siswa Kelas IV SDN Gugus Patimura. Sarjana Pendidikan. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Dr. Sri Sulistyorini, M.Pd. 105 hal. Bedasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan dengan guru kelas IV SDN Gugus Patimura pada pembelajaran IPA diperoleh informasi bahwa dalam pembelajaran guru belum menggunakan model pembelajaran yang variatif dan inovatif. Siswa cenderung pasif dan hanya sebagian siswa yang dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Siswa kurang percaya diri dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Model Teams Games Tournament (TGT) merupakan model pembelajaran kooperatif yang didalamnya terdapat unsur permainan dan turnamen. Dalam TGT siswa dapat terlibat secara penuh tanpa adanya perbedaan status dan menjadikan siswa berperan sebagai tutor sebaya.Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan model kooperatif tipe TGT berbantuan media video dibandingkan dengan model TPS berbantuan media video pada hasil belajar mupel IPA siswa kelas IV SDN Gugus Patimura. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Quasi Experimental Design bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus Patimura yang berjumlah 105 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan sampel berjumlah 68 siswa. Pengumpulan data dengan tes dan non tes (observasi dan wawancara). Teknik analisis data meliputi analisis data awal (uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata) dan analisis data akhir (uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji t-test). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel yaitu (7,623 > 1,690) dan pada taraf signifikansi 0,00 < 0,05. Peningkatan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yang semula 62,085 meningkat menjadi 81,028. Sedangkan kelas kontrol yang semula 60,727 meningkat menjadi 75,757. Peningkatan rata-rata gain pada kelas eksperimen sebsar 0,5062dan kelas kontrol sebesar 0,3872. Hal ini menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar mupel IPA siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe TGT berbantuan media video lebih efektif dibandingkan model TPS berbantuan media video pada hasil belajar mupel IPA siswa kelas IV SDN Gugus Patimura. Saran dari peneliti yaitu penerapan model kooperatif tipe TGT berbantuan media video dapat dijadikan alternatif oleh guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Kata Kunci : Hasil Belajar, IPA, Media Video, Model Teams Games Tournament

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Hasil Belajar, IPA, Media Video, Model Teams Games Tournament
Subjects: L Education > L Education (General) > Cooperative Learning
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 03 Dec 2020 04:16
Last Modified: 03 Dec 2020 04:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41955

Actions (login required)

View Item View Item