PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI PADA ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DENGAN KOMITMEN AFEKTIF DAN PEMBERDAYAAN PSIKOLOGIS SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI (Studi Pada Tenaga Kependidikan Universitas Negeri Semarang)


Nanda Alvionika Dewi, 7311416020 (2020) PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI PADA ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DENGAN KOMITMEN AFEKTIF DAN PEMBERDAYAAN PSIKOLOGIS SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI (Studi Pada Tenaga Kependidikan Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311416020.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

OCB merupakan perilaku individu di luar deskripsi pekerjaan, tidak ditentukan secara formal dalam sistem penghargaan, dilakukan secara sukarela dan memberikan kontribusi pada peningkatan efektivitas produktifitas, efisiensi dan profitabilitas organisasi. OCB dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti persepsi dukungan organisasi, komitmen afektif, dan pemberdayaan psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh mediasi komitmen afektif dan pemberdayaan psikologis dalam hubungan persepsi dukungan organisasi pada OCB. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu tendik yang bekerja di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Teknik pengambilan ampel pada penelitian menggunakan teknik proportional random sampling dengan jumlah sebanyak 130 karyawan. Metode analisis data menggunakan uji statistik deskriptif dan perangkat lunak SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi dukungan organisasi mempunyai pengaruh signifikan pada komitmen afektif dan pemberdayaan psikologis. Namun, pada penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi dukungan organisasi tidak signifikan pada OCB. Selain itu, komitmen afektif dan pemberdayaan psikologis memiliki pengaruh signifikan dalam memediasi hubungan persepsi dukungan organisasi pada OCB. Komitmen afektif memiliki pengaruh lebih tinggi dibandingkan pemberdayaan psikologis dalam perannya sebagai mediasi. Simpulan dari penelitian ini yaitu persepsi dukungan organisasi kurang kuat untuk meningkatkan OCB. Sedangkan komitmen afektif dan pemberdayaan psikologis dapat meningkatkan persepsi dukungan organisasi. Selain itu, komitmen afektif dan pemberdayaan psikologis memiliki pegaruh mediasi yang positif dalam hubungan persepsi dukungan organisasi pada OCB. Saran untuk tendik yaitu untuk membantu rekan atau mencari solusi atas permasalahan dengan inisiatif dari diri sendiri. Tendik juga diharapkan agar tidak membuang-buang waktu saat bekerja dan mengambil waktu istirahat sesuai dengan peraturan. Saran untuk instansi melakukan gathering dan pelatihan motivasi dan pengambilan keputusan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Dukungan Organisasi, Komitmen Afektif, Pemberdayaan Psikologis, OCB.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 03 Dec 2020 04:16
Last Modified: 03 Dec 2020 04:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41954

Actions (login required)

View Item View Item