PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IVB SDN WATES 01


Lailatul Fitriyah, 1401416074 (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IVB SDN WATES 01. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS LOKAL  UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IVB SDN WATES 01]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IVB SDN WATES 01)
Download (828kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Fitriyah, Lailatul. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IVB SDN Wates 01. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Umar Samadhy, M.Pd. 292 halaman. Bahan ajar merupakan komponen penting yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Bahan ajar yang baik dapat membantu siswa dalam mencapai kompetensi. Sumber bahan ajar yang dipilih guru ada kecenderungan dititikberatkan hanya ada satu bahan ajar. Padahal banyak pilihan sumber bahan ajar yang dapat digunakan. Berdasarkan data prapenelitian, menunjukkan bahwa bahan ajar yang digunakan oleh guru kelas IVB SDN Wates 01 yakni buku tematik yang diterbitkan oleh Kemendikbud. Kelemahan dari buku tematik yang beredar yakni masih terdapat contoh-contoh yang tidak ada di lingkungan sekitar siswa dan contoh yang diberikan kurang sesuai dengan daerah tempat tinggal siswa sehingga siswa tidak memiliki pengetahuan awal terhadap materi yang dipelajari. Hal ini terjadi karena buku tematik yang digunakan sebagai pegangan siswa diproduksi secara nasional, sementara Indonesia memiliki kultur yang beragam. Hal tersebut menyebabkan pembelajaran kurang bermakna karena siswa tidak mempelajari contoh nyata dari peristiwa, keragaman lokal atau hal-hal yang dekat dengan lingkungan siswa. Sehingga perlu pengembangan bahan ajar tematik berbasis lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar tematik berbasis lokal yang di dalamnya memuat bacaan-bacaan tentang keragaman di Kelurahan Wates yang dekat dengan keseharian dan kehidupan siswa SDN Wates 01 serta menguji kelayakan dan keefektifan bahan ajar tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan Sugiyono dengan 8 langkah yakni potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan tes, observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal, uji t dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar tematik berbasis lokal layak digunakan dengan persentase penilaian dari ahli media sebesar 80,55%, ahli materi sebesar 78,30%, dan ahli bahasa 82,14%. Bahan ajar tematik berbasis lokal efektif digunakan dalam pembelajaran, diketahui berdasarkan hasil belajar dengan adanya perbedaan rata-rata melalui uji t sebesar -10,578 dan peningkatan rata-rata (gain) sebesar 0,535 yang berdasarkan interprestasi indeks gain tergolong sedang. Simpulan penelitian ini adalah bahan ajar tematik berbasis lokal layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran khusunya pada muatan pelajaran bahasa Indonesia materi menggali pengetahuan baru dari teks nonfiksi. Guru diharapkan dapat mengembangan bahan ajar yang serupa dengan materi yang berbeda, serta pihak sekolah diharapkan dapat memfasilitasi. Kata kunci: bahan ajar tematik, membaca pemahaman, berbasis lokal

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: bahan ajar tematik, membaca pemahaman, berbasis lokal
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 03 Dec 2020 04:12
Last Modified: 03 Dec 2020 04:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41953

Actions (login required)

View Item View Item