HUBUNGAN LITERASI DAN MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS SYEKH JANGKUNG KECAMATAN KAYEN KABUPATEN PATI
Ammira Fathin, 1401416048 (2020) HUBUNGAN LITERASI DAN MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS SYEKH JANGKUNG KECAMATAN KAYEN KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (HUBUNGAN LITERASI DAN MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS SYEKH JANGKUNG KECAMATAN KAYEN KABUPATEN PATI)
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Fathin, Ammira. 2020. Hubungan Literasi dan Miant Baca dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Gugus Syekh Jangkung Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati. Skripsi. Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing; Dra Sumilah, M.Pd. 371 halaman. Berdasarkan Hasil Programme for International Student Assessment (PISA) tahun 2017 bahwa literasi membaca siswa Indonesia berada pada tingkat 62 dari 72 negara. Hal ini menunjukkan masih rendahnya kemampuan mebaca pada diri peserta didik. Guna menumbuhkan minat baca pada peserta didik, Kemendikbud menggalakkan program Literasi di Sekolah Dasar dalam bentuk Gerakan Literasi Sekolah yaitu kebiasaan membaca 15 menit sebelum pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, terdapat permasalahan pada siswa kelas V SDN Gugus Syekh Jangkung Kecamatan Kayen Kabupaten Pati yaitu belum sepenuhnya menjalankan kegiatan literasi secara optimal sehingga membuat kurangnya minat baca siswa yang berdampak pada kurangnya hasil belajar IPS. Tujuan penelitian ini yaitu : (1) untuk menguji hubungan antara literasi dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Syekh Jangkung, (2) untuk menguji hubungan antara minat baca dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Syekh Jangkung (3) untuk menguji hubungan antara literasi dan minat secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Syekh Jangkung. Peneilitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian ini adalah 136 siswa kelas V SDN Gugus Syekh Jangkung, dengan sampel sebanyak 101 siswa menggunakan teknik pengambilan sampel cluster sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Sebelum melakukan analisis hipotesis, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, heterokesdastisitas, dan autokorelasi. Setelah data memenuhi uji prasyarat, selanjutnya data dianalisis dengan statistik desktiptif, korelasi sederhana, korelasi berganda, uji F, regresi linier sederhana, dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan literasi dengan hasil belajar IPS sebesar 0,627 dengan kontribusi 39,3%; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan minat baca dan hasil belajar IPS sebesar 0,661 dengan kontribusi 43,7%; (3) terdapat hubungan positif dan signifikan literasi dan minat baca secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS sebesar 0,726 dengan kontribusi 52,8%. Simpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan literasi dan minat baca terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Syekh Jangkung Kecamatan Kayen Kabupaten Pati. Saran penelitian ini yaitu guru lebih mengoptimalkan kegiatan literasi di sekolah dasar agar minat baca siswa semakin meningkat sehingga berdampak peningkatanpada hasil belajar siswa. Kata Kunci : literasi, GLS, minat baca, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : literasi, GLS, minat baca, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > L Education (General) > Learning Achievement L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 03 Dec 2020 04:07 |
Last Modified: | 03 Dec 2020 04:07 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41952 |
Actions (login required)
View Item |