ANALISIS PERBEDAAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH AKTIVITAS AKUISISI (Studi Kasus pada Perusahaan yang Tercatat di BEI Periode 2014-2016)


Diana Nopela, 7311416011 (2020) ANALISIS PERBEDAAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH AKTIVITAS AKUISISI (Studi Kasus pada Perusahaan yang Tercatat di BEI Periode 2014-2016). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311416011.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah ada perbedaan pada return on asset dan return on equity pada perusahaan yang melakukan aktivitas akuisisi yang tercatat di BEI periode 2014-2016. Dalam menghitung ROA dan ROE dilakukan dengan membandingkan 1 tahun sebelum. 1 tahun setelah, dan 2 tahun setelah akuisisi. Akuisisi merupakan pengambilalihan sebagian atau keseluruhan saham perusahaan lain sehingga perusahaan pengakuisisi mempunyai hak control atas perusahaan target. Populasi dalam penelitian ini meliputi perusahaan publik yang tercatat di BEI periode 2014-2016. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling, yang mana tedapat 20 perusahaan yang melakukan akuisisi. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uj wilcoxon signed rank test. Hasil analisis statistic deskriptif menunjukkan nilai mean ROA dan ROE meningkat setelah akuisisi, tetapi pada hasil uji Wilcoxon sign rank test hanya ROA kurun waktu 1 tahun setelah akuisisi tidak menunjukkan perbedaan secara signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah nilai ROA 2 tahun akusisi dan ROE 1 tahun akuisisi dan 2 tahun akuisisi menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan hal ini menunjukkan bahwa tujuan perusahaan untuk melakukan akuisisi tercapai. Saran bagi penelitian selanjutnya adalah untuk menggunakan rasio keuangan yang lain dalam menganalisis kinerja keuangan perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Return on Asset, Akuisisi, Kinerja Keuangan, Return on Equity
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 03 Dec 2020 04:10
Last Modified: 03 Dec 2020 04:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41949

Actions (login required)

View Item View Item