PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS AHMAD YANI KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL


Novi Dyah Anggraheni, 1401412299 (2019) PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS AHMAD YANI KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS AHMAD YANI KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL]
Preview
PDF (PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS AHMAD YANI KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL)
Download (667kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Anggraheni, Novi Dyah.2019.Pengaruh Pemberian Penguatan Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Gugus Ahmad Yani Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: I. Dra. Sri Susilaningsih, S.Pd, M.Pd., II. Drs. H.A. Zaenal Abidin, M.Pd. Penguatan menjadi salah satu dari delapan keterampilan dasar mengajar guru. Pemberian penguatan merupakan tingkah laku guru dalam merespon secara positif suatu tingkah laku tertentu siswa yang memungkinkan tingkah laku tersebut timbul kembali. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh pemberian penguatan terhadap hasil belajar dan menguji seberapa kuat pengaruh antara pemberian penguatan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V Gugus Ahmad Yani Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian quasi eksperimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian yaitu siswa kelas V di SDN Gugus Ahmad Yani Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Sampel penelitian kelas ekperimen sebanyak 12 siswa dan kelas kontrol sebanyak 15 siswa yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata- rata dan analisis data akhir. Pengujian hipotesis menggunakan independent sample t-test dan uji Gain, penghitungan diolah dengan program SPSS 22. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pemberian penguatan penuh terhadap hasil belajar IPA materi daur air dan peristiwa alam di Indonesia pada siswa kelas V SDN Gugus Ahmad Yani Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Dari rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, kelas eksperimen sebesar 82,51 sedangkan kelas kontrol 76,08. Data hasil perhitungan menggunakan rumus independent sample t-test berbantuan SPSS 22 diperoleh hasil bahwa nilai Sig 2-tailed sebesar 0,027 kemudian dibagi 2 diproleh 0,0135 < 0,05. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima, data hasil belajar posttest kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian penguatan penuh dibandingkan dengan penguatan tak penuh dalam pembelajaran IPA. Pengaruh pemberian penguatan (reinforcement) ditunjukkan pula pada hasil uji gain yakni peningkatan nilai pretest dan posttetst. Pada kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 82,51 dengan hasil uji gain 0,57 kategori sedang. Sedangkan pada kelas kontrol setelah pembelajaran menjadi 76,53 dengan hasil uji gain 0,38 kategori sedang. Hal ini membuktikan bahwa pemberian penguatan dapat mempengaruhi hasil belajar IPA siswa kelas V. Sehingga diharapkan guru dapat meningkatkan keterampilan memberikan penguatan supaya siswa lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran, sehingga dapat membina tingkah laku yang produktif agar tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan optimal. Kata Kunci: Penguatan, Pembelajaran IPA, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Penguatan, Pembelajaran IPA, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > motivation to learn
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 03 Dec 2020 03:53
Last Modified: 03 Dec 2020 03:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41947

Actions (login required)

View Item View Item