KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENGURANGI KECEMASAN MENGERJAKAN SKRIPSI PADA MAHASISWA BK FIP UNNES


AHMAT HERYANTO, 1301415013 (2020) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENGURANGI KECEMASAN MENGERJAKAN SKRIPSI PADA MAHASISWA BK FIP UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENGURANGI KECEMASAN MENGERJAKAN SKRIPSI PADA MAHASISWA BK FIP UNNES]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENGURANGI KECEMASAN MENGERJAKAN SKRIPSI PADA MAHASISWA BK FIP UNNES)
Download (924kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Ahmat Heryanto. (2020). Keefektifan Konseling Kelompok Teknik Modeling untuk Mengurangi Kecemasan Mengerjakan Skripsi pada Mahasiswa BK FIP UNNES. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konsseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semaarang. Pembimbing Dr. Anwar Sutoyo, M.Pd. Kata Kunci: Konseling kelompok, modeling, kecemasan skripsi. Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena tingginya tingkat kecemasan pada mahasisa yang sedang mengerjakan skripsi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat kecemasan pada mahasiswa dapat diturunkan melalui layanan konseling kelompok dengan teknikmodeling. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan keefektifan konseling kelompok dengan teknik modeling dalam menurunkan tingkat kecemasan pada mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain one-group pretest-postest. Sampel yang digunakan berjumlah 7 dari 67 mahasiswayang mengikuti pretest. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu purposive sampling. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu skala kecemasan dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif presentase dan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kecemasan mahasiswasebelum dan sesudah diberikan treatment berupa layanan konseling kelompok dengan teknik modeling mengalami penurunan rata-rata sebesar 44% dari hasil awal saat pretest sebesar 86% menjadi 42% saat postest. Selain itu, diperoleh data dari hasil uji Wilcoxon yaitu nilai Asymp.sig 0.012 < 0,05 maka hipotesis penelitian diterima. Dapat ditarik simpulan bahwa konseling kelompok dengan teknik modeling terbukti efektif untuk menurunkan tingkat kecemasan pada mahasiswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Konseling kelompok, modeling, kecemasan skripsi.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling > Group Counseling
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 03 Dec 2020 03:48
Last Modified: 03 Dec 2020 03:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41945

Actions (login required)

View Item View Item