PENGARUH BRAND EQUITY , CELEBRITY ENDORSER, DAN SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI ( Studi Pada Konsumen Sepatu Bata di Kabupaten Kendal )


Adzinta Ulul Alfutuh, 7311415047 (2020) PENGARUH BRAND EQUITY , CELEBRITY ENDORSER, DAN SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI ( Studi Pada Konsumen Sepatu Bata di Kabupaten Kendal ). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311415047.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Perilaku keputusan pembelian konsumen dalam memilih suatu produk sangatlah beragam. Perkembangan terknologi yang semakin pesat mendorong para pengusaha untuk terus mengembangkan strategi pemasaran yang tepat agar dapat terus bertahan dalam persaingan pasar yang semakin ketat. Oleh sebab itu penting bagi seorang pemasar mengetahui faktor-faktor yang dapat menjadi pertimbangan konsumen dalam menentukan keputusan pembalian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand equity, celebrity endorser, dan sales promotion terhadap keputusan pembelian melalui minat beli. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen dari kedua toko Sepatu Bata di Kabupaten Kendal. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebesar 115 reponden dengan teknik accidental sampling. Analisis data menggunakan aplikasi SPSS 22 dan menggunakan analisis jalur dengan variabel Brand Equity (X1), Celebrity Endorser (X2), Sales Promotion (X3), Minat Beli (Y1), Keputusan Pembelian (Y2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh signifikan brand equity terhadap keputusan pembelian. Selanjutnya, Sales Promotion tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, kemudian sales promotion memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan minat beli berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan analisis jalur membuktikan bahwa variabel minat beli mampu memediasi seluruh variabel antara variabel independen dengan variabel dependen. Simpulan dari penelitian ini adalah sales promotion tidak memilki pengaruh langsung terhadap keputusan pembelian. Brand equity, sales promotion, dan minat beli memiliki pengaruh langsung signifikan terhadap keputusan pembelian serta variabel minat beli sebagai variabel intervening mampu memediasi seluruh variabel antara variabel independendenga variabel dependen. Sebaiknya, pada penelitian selanjutnya unuk memperluas faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Menarik minat beli konsumen sangat penting bagi perusahaan untuk menciptakan daya tarik bagi konsumen untuk membeli produknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Brand Equity, Celebrity Endorser, Sales Promotion, Keputusan Pembelian, Minat Beli.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 03 Dec 2020 03:44
Last Modified: 03 Dec 2020 03:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41944

Actions (login required)

View Item View Item