PARTISIPASI MASYARAKAT MELALUI KELOMPOK SADAR WISATA DALAM PENGEMBANGAN POTENSI DESA WISATA DI DESA SENDANG KECAMATAN WONOGIRI KABUPATEN WONOGIRI


Fu’ani Diah Qurota Ayun, 1201416066 (2020) PARTISIPASI MASYARAKAT MELALUI KELOMPOK SADAR WISATA DALAM PENGEMBANGAN POTENSI DESA WISATA DI DESA SENDANG KECAMATAN WONOGIRI KABUPATEN WONOGIRI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PARTISIPASI MASYARAKAT MELALUI KELOMPOK SADAR WISATA DALAM PENGEMBANGAN POTENSI DESA WISATA DI DESA SENDANG KECAMATAN WONOGIRI KABUPATEN WONOGIRI]
Preview
PDF (PARTISIPASI MASYARAKAT MELALUI KELOMPOK SADAR WISATA DALAM PENGEMBANGAN POTENSI DESA WISATA DI DESA SENDANG KECAMATAN WONOGIRI KABUPATEN WONOGIRI)
Download (839kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Fu’ani Diah Qurota Ayun 2020. “Partisipasi Masyarakat Melalui Kelompok Sadar Wisata dalam Pengembangan Potensi Desa Wisata di Desa Sendang Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri”. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing Abdul Malik, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Desa Wisata,Partisipasi Masyarakat,Pengembangan Potensi Desa, Peranan Pokdarwis Partisipasi masyarakat dalam pengembangan potensi desa wisata dilakukan dengan peranan Pokdarwis di Desa Sendang. Tujuan dari penelitian yakni: (1) mendeskripsikan partisipasi masyarakat melalui peranan Pokdarwis dalam pengembangan potensi desa wisata di Desa Sendang, (2) mendeskripsikan pelaksanaan Pokdarwis di Desa Sendang, (3) mendeskripsikan hambatan Pokdarwis dalam pengembangan potensi desa wisata di Desa Sendang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif untuk mendiskripsikan partisipasi masyarakat melalui peranan Pokdarwis dalam pengembangan potensi desa wisata menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan obervasi melalui media sosial seperti Facebook, Instagram dan YouTube yang dimiliki Desa Sendang karena pandemi Covid-19. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode untuk mengetahui kualitas data. Hasil temuan partisipasi masyarakat melalui peranan Pokdarwis dalam pengembangan potensi desa wisata yakni: (1) masyarakat berpartisipasi dalam pengembangan potensi desa wisata di Desa Sendang yang di dalamnya terdapat peranan Pokdarwis sebagai motivator, komunikator, dan fasilitator ditunjukkan melalui pendampingan secara langsung dan membentuk forum diskusi dengan anggota masyarakat. (2) pelaksanaan Pokdarwis dilakukan dengan mengadakan pertemuan rutin setiap tiga bulan sekali bersama anggota masyarakat untuk pengambilan keputusan hingga evaluasi yang bertujuan untuk kemajuan program pengembangan potensi desa wisata di Desa Sendang, pembagian dana program pengembangan potensi desa wisata dilakukan dengan sistem Sisa Hasil Usaha (SHU). (3) Hambatan internal Pokdarwis adalah sulitnya pembagian waktu yang dilakukan oleh Pokdarwis. Hambatan eksternalnya adalah tidak konsistennya pemasukan dana dan pengembangan potensi desa wisata kurang maksimal, belum semua masyarakat di Desa Sendang memiliki kesadaran yang sama untuk berpartisipasi pada program pengembangan potensi desa wisata dan kurangnya sumber informasi desa wisata.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Desa Wisata,Partisipasi Masyarakat,Pengembangan Potensi Desa, Peranan Pokdarwis
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > Development of Tourism Object
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 03 Dec 2020 03:43
Last Modified: 03 Dec 2020 03:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41943

Actions (login required)

View Item View Item