FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL


Raditya Yuska Agustina Putri, 7311413145 (2020) FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413145.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Struktur modal merupakan perbandingan proporsi penggunaan hutang dan ekuitas. Perusahaan perlu menyeimbangkan penggunaan hutang dan ekuitas agar dapat mencapai struktur modal yang optimal. Penentuan struktur modal melibatkan pertukaran antara risiko dan pengembalian. Berdasarkan teori trade off, perusahaan diperbolehkan menggunakan hutang sampai tingkat tertentu selama keuntungan yang diperoleh lebih besar dari risiko yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2016. Sampel penelitian sebanyak 186 observasi terdiri dari 31 perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode 2011-2016 dan pengamatan melalui metode purposive sampling. Data yang digunakan berupa laporan keuangan perusahaan yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia. Hasil uji model menunjukkan model estimasi data panel terbaik adalah fixed effect. Sementara hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas dan pertumbuhan perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap struktur modal. Sedangkan struktur aktiva dan ukuran perusahaan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap struktur modal. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan hanya variabel profitabilitas dan pertumbuhan perusahaan yang dapat dijadikan sebagai faktor penentu struktur modal. Saran bagi manajemen perusahaan, hendaknya mempertimbangkan faktor profitabilitas dan pertumbuhan perusahaan yang memiliki pengaruh signifikan dalam penentuan struktur modal. Bagi investor agar lebih teliti dan selektif dalam memutuskan investasi di suatu perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Struktur Modal, Struktur Aktiva, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Trade Off
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HF Commerce
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 03 Dec 2020 03:07
Last Modified: 03 Dec 2020 03:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41940

Actions (login required)

View Item View Item