PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN DAN PERTUMBUHAN LABA TERHADAP KUALITAS LABA DENGAN PERSISTENSI LABA SEBAGAI VARIABEL MODERATING


Ida Riyanti, 7211416200 (2020) PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN DAN PERTUMBUHAN LABA TERHADAP KUALITAS LABA DENGAN PERSISTENSI LABA SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211416200.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kualitas laba adalah kemampuan perusahaan dalam melaporkan laba perusahaan yang menunjukkan laba yang sebenarnya, dengan sebaik mungkin perusahaan melaporkan laba yang akan digunakan untuk memprediksi laba masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh tingkat profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, dan pertumbuhan laba terhadap kualitas laba dengan persistensi laba sebagai variabel moderating. Populasi penelitian ini adalah perusahaan sub sektor properti dan real estate yang secara berturut-turut terdaftar di Bursa Efek Indonesia, menerbitkan laporan keuangan berturut-turut, memiliki data lengkap yang dibutuhkan dalam penelitian dalam periode 2016-2018. Teknik pengambilan sampel pada penelitian adalah dengan purposive sampling yaitu dengan menggunakan beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh sampel. Berdasarkan metode purposive sampling, sampel yang termasuk dalam kriteria penelitian sebanyak 46 perusahaan selama 3 tahun, dengan data outlier sebanyak 17 unit sehingga menghasilkan 121 unit analisis. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan analisis regresi moderasi dan software IBM SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh negatif terhadap kualitas laba, ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap kualitas laba. Selain itu persistensi laba mampu memperkuat pengaruh profitabilitas dan ukuran perusahaan namun tidak mampu memperkuat pengaruh leverage dan pertumbuhan laba terhadap kualitas laba. Simpulan dari penelitian ini bahwa semakin rendah nilai profitabilitas dan ukuran perusahaan maka semakin tinggi pula kualitas laba, selain itu persistensi laba mampu memperkuat pengaruh profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap kualitas laba. Saran bagi manajemen perusahaan diharapkan untuk lebih memperhatikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kualitas laba seperti tingkat leverage dan pertumbuhan laba mengingat kualias laba merupakan salah satu pertimbangan utama bagi pengguna laporan keuangan dalam mengambil keputusan. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan proksi lain dalam pengukuran kualitas laba dan menggunakan variabel moderating lain yang dapat memperkuat pengaruh leverage dan pertumbuhan laba terhadap kualitas laba.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas laba, profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, pertumbuhan laba, persistensi laba
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HF Commerce
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 03 Dec 2020 02:58
Last Modified: 03 Dec 2020 02:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41938

Actions (login required)

View Item View Item