ANALISIS FRAUDULENT FINANCIAL REPORT PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN PUBLIK MELALUI CROWE’S FRAUD PENTAGON THEORY


Muhamad Salman Alfarizy, 7211416195 (2020) ANALISIS FRAUDULENT FINANCIAL REPORT PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN PUBLIK MELALUI CROWE’S FRAUD PENTAGON THEORY. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211416195.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh Target Keuangan, Tekanan Eksternal, Efektivitas Pengawasan, Kualitas Auditor Eksternal, Pergantian Auditor, Pergantian Direksi, Pengalaman Internasional Anggota Dewan, Gambar CEO terhadap Fraudulent Financial Reports. Laporan keuangan merupakan alat penting bagi para pemangku kepentingan dalam melakukan pengambilan keputusan. Beberapa kasus kecurangan dalam laporan keuangan terjadi di perusahaan tambang yang terdaftar di Bursa Saham Indonesia didorong oleh keinginan menampilkan informasi keuangan yang selalu dalam kondisi terbaik tetapi dilakukan dengan cara manipulasi sehingga tidak menampilkan kondisi yang sebenarnya. Fraudulent Financial Reports dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk faktor dari pihak agen dan pihak prinsipal. Penelitian mengenai Fraudulent Financial Reports telah banyak dilakukan, namun temuan yang dihasilkan masih beragam. Populasi penelitian ini adalah perusahaan sektor pertambangan terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh sehingga diperoleh sampel sebanyak 48 perusahaan dan 144 unit analisis. Analisis dalam penelitian ini menggunakan Regresi Data Panel dengan bantuan program EViews 10. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Tekanan Eksternal berpengaruh positif dan signifikan terhadap Fraudulent Financial Reports. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa Target Keuangan, Efektivitas Pengawasan, Kualitas Auditor Eksternal, Pergantian Auditor, Pergantian Dewan Direksi, Pengalaman Internasional Anggota Dewan dan Jumlah Gambar CEO tidak berpengaruh terhadap Fraudulent Financial Reports. Penelitian selanjutnya disarankan untuk menambah sektor penelitian dengan periode penelitian lebih dari 3 tahun hingga penelitian tidak terbatas pada perusahaan tambang. Menambahkan jumlah varibel independen agar menambah pengetahuan seputar penyebab kecurangan laporan dan terdapat metode lain untuk mengukur fraudulent financial report seperti Beneish M-Score, DeAngelo, Altman Z-Score, hingga penyajian kembali laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fraudulent Financial Reports, Target Keuangan, Tekanan Eksternal, Efektivitas Pengawasan, Kualitas Auditor Eksternal, Pergantian Auditor, Pergantian Direksi, Pengalaman Internasional Anggota Dewan, Jumlah Gambar CEO.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 03 Dec 2020 02:47
Last Modified: 03 Dec 2020 02:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41936

Actions (login required)

View Item View Item