TUNNELING INCENTIVE SEBAGAI PEMODERASI HUBUNGAN ANTARA PENGHINDARAN PAJAK DAN REVENUE TERHADAP KEPUTUSAN TRANSFER PRICING


Siti Munawaroh, 7211416106 (2020) TUNNELING INCENTIVE SEBAGAI PEMODERASI HUBUNGAN ANTARA PENGHINDARAN PAJAK DAN REVENUE TERHADAP KEPUTUSAN TRANSFER PRICING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211416106.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Laba merupakan objek pajak bagi perusahaan dimana perusahaan sebagai entitas yang berorientasi pada laba berusaha untuk meminimalkan pajak agar tetap memperoleh laba yang maksimal. Upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan perencanaan pajak, salah satunya melaui transfer pricing. Transfer pricing adalah harga yang ditentukan pada transaksi antar pihak berelasi, dimana harga tersebut ditetapkan secara tidak wajar. Transfer pricing merupakan isu global yang melibatkan banyak negara dalam transaksinya dan bersifata legal, namun dengan transfer pricing ini dapat menyebabkan penerimaan pajak suatu negara menjadi menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahu pengaruh penghindaran pajak dan revenue terhadap keputusan transfer pricing serta peran tunneling incentive dalam memoderasi hubungan pengaruh tersebut. Populasi dalam penelitian ini berupa seluruh perusahaan pertambangan yang listing di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2014 sampai 2018, yaitu sejumlah 43 perusahaan. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan menghasilkan 11 perusahaan dengan 55 unit analisis. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi moderasi dengan uji selisih mutlak, serta pengujian hipotesisnya menggunakan aplikasi IBM SPSS Ver.21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penghindaran pajak berpengaruh negatif signifikan terhadap transfer pricing, sedangkan revenue tidak berpengaruh secara signifikan terhadap transfer pricing. Selain itu, tunneling incentive terbukti memoderasi secara signifikan pengaruh penghindaran pajak dan revenue terhadap keputusan transfer pricing perusahaan. Simpulan penelitian ini adalah variabel penghindaran pajak berpengaruh terhadap transfer pricing, revenue tidak mempengaruhi keputusan transfer pricing, serta variabel tunneling incentive memoderasi hubungan antara penghindaran pajak dan revenue terhadap transfer pricing. Penelitian ini menyarankan agar perusahaan mampu mengungkapkan secara sistematis transaksi dengan pihak berelasi sesuaai PSAK No. 7. Saran bagi penelitian selanjutnya agar menggunakan menambah tahun analisis dan menggunakan pengukuran berbeda untuk menilai ukuran perusahaan, serta menambah variabel lain seperti exchange rate dan intangible asset.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penghindaran Pajak, Revenue, Tunneling Incentive, Transfer Pricing
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 02 Dec 2020 07:04
Last Modified: 02 Dec 2020 07:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41907

Actions (login required)

View Item View Item