PENGARUH DISCRETIONARY ACCRUALS, AUDIT COMMITTEE FINANCIAL EXPERTS, GENDER OF MEMBER AUDIT COMMITTEE, UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP INTERNAL CONTROL MATERIAL WEAKNESS DISCLOSURE (Studi Kasus pada Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang Terdaftar di Indonesia Stock Exchange Periode 2014-2018)


Sri Wahyuningsih, 7211416085 (2020) PENGARUH DISCRETIONARY ACCRUALS, AUDIT COMMITTEE FINANCIAL EXPERTS, GENDER OF MEMBER AUDIT COMMITTEE, UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP INTERNAL CONTROL MATERIAL WEAKNESS DISCLOSURE (Studi Kasus pada Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang Terdaftar di Indonesia Stock Exchange Periode 2014-2018). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211416085.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kelemahan pengendalian internal yang material merupakan kekurangan yang signifikan, atau gabungan dari kekurangan yang signifikan, yang menghasilkan kekurangan lebih jauh bahwa salah saji material dalam pelaporan keuangan tidak dapat dideteksi atau dicegah. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris terkait pengaruh discretionary accruals, audit committee financial experts, gender of member audit committee dan ukuran perusahaan terhadap internal control material weakness disclosure dengan ukuran komite audit dan rapat komite audit sebagai variabel kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah 20 perusahaan BUMN yang listing di Indonesia Stock Exchange periode 2014-2018. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah purposive sampling sehingga jumlah sampel akhir adalah 17 perusahaan BUMN yang memenuhi kriteria dengan lima tahun pengamatan. Data yang digunakan berupa laporan tahunan dan laporan keuangan, sedangkan analisis data menggunakan regresi logistik dengan software SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa discretionary accruals dan ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap internal control material weakness disclosure. Sedangkan audit committee financial experts berpengaruh negatif signifikan terhadap internal control material weakness disclosure dan gender of member audit committee berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap internal control material weakness disclosure. Keterbatan dalam penelitian ini terletak pada pengukuran variabel dependennya yang masih berupa dummy sehingga kurang dalam merepresentasikan kondisi perusahaan ketika memiliki jumlah legal disputes yang berbeda. Saran yang dapat diberikan dari adanya penelitian ini adalah komite audit diharapkan bisa meningkatkan dan mempertahankan sistem pengendalian internal yang memadai supaya segala bentuk kecurangan tidak mudah dilakukan dalam perusahaan dan manajemen diharapkan dapat mematuhi standar akuntansi dan kode etik yang berlaku dalam menyusun laporan keuangan perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Discretionary Accruals, Audit Committee Financial Experts, Gender of Member Audit Committee, Ukuran Perusahaan, Internal Control Material Weakness Disclosure
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 02 Dec 2020 06:50
Last Modified: 02 Dec 2020 06:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41905

Actions (login required)

View Item View Item